Home / Peristiwa

Jumat, 1 Oktober 2021 - 10:08 WIB

Wawali Ajak Warga Komorbid untuk Periksa dan Vaksin

Heroe Poerwadi meninjau vaksinasi massal di halaman Masjid Al Furqon, Sorosutan, Umbulharjo, Kamis (30/9/2021). Pada kesempatan ini Wawali mengajak masyarakat yang memiliki komorbid agar segera periksa ke puskesmas dan bila memungkinkan lakukan vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi meninjau vaksinasi massal di halaman Masjid Al Furqon, Sorosutan, Umbulharjo, Kamis (30/9/2021). Pada kesempatan ini Wawali mengajak masyarakat yang memiliki komorbid agar segera periksa ke puskesmas dan bila memungkinkan lakukan vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta melalui Kemantren Umbulharjo melaksanakan vaksinasi massal berbasis wilayah guna percepatan pelaksanaan vaksinasi. Hal itu disampaikan Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam peninjauan lapangan vaksinasi massal di halaman Masjid Al Furqon, Sorosutan, Umbulharjo pada Kamis (30/9/2021).

“Saat ini sudah ada beberapa kemantren yang telah menyelesaikan vaksinasi, di Kemantren tersebut para warga sasaran vaksin telah semua divaksin dosis satu dan tinggal menunggu pelaksanaan vaksin dosis dua,” kata Heroe

Demikian juga Umbulharjo sebagai wilayah terluas dengan 7 kelurahan juga akan menyelesaikan vaksinasi warganya pada awal Oktober ini.

“Mudah mudahan pada peringatan HUT Kota Yogyakarta yang akan datang Pemkot bisa sekalian mendeklarasikan kota Yogyakarta sebagai kota yang telah menyelesaikan vaksinasi,” papar Heroe.

Dalam kesempatan itu Heroe juga memberikan semangat dan motivasi pada warga Umbulharjo tentang pentingnya vaksinasi. Terlebih ketika melihat salah satu warga yang saat ditensi mengalami kenaikan tensi maka Heroe pun menghampiri dan menghibur agar yang bersangkutan tenang dan santai agar tensinya bisa berangsur pulih dan normal kembali.

Baca juga   Tak Ada Toleransi, Pelanggar PPKM Darurat Bakal Ditindak Tegas

“Ajak saudara atau tetangga yang memiliki penyakit lain atau sebagai komorbid agar segera periksa ke puskesmas dan bila memungkinkan lakukan vaksinasi. Hal itu dikarenakan para komorbid lebih memiliki resiko apabila terpapar Covid-19,” tutur Heroe.

Sementara Mantri Pamong Praja Umbulharjo, Rumpis Trimintarta menjelaskan bahwa vaksinasi massal hari ini dengan target 1500 orang yang dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak seperti ACT, Lazizmu, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Dalam vaksinasi ini bagi warga yang memiliki komorbid atau memiliki hambatan untuk sampai lokasi vaksin akan dijemput oleh ambulans. Kami sediakan tiga ambulans guna mendukung kegiatan vaksinasi ini,” papar Rumpis.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 2.089 Orang

Sasaran vaksin ini adalah warga Umbulharjo dan mereka yang bekerja di wilayah Umbulharjo agar bisa segera terbentuk herd immunity di Umbulharjo jelas Rumpis lebih lanjut.

Salah seorang warga yang divaksin Fasya dari Sorosutan menuturkan harapannya agar setelah divaksin ia bisa terhindar dari paparan Covid-19 dan melakukan kegiatan kesehariannya secara normal terbatas dalam masa pandemi. Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Zulkarnaen siswa SMKN 4 Yogyakarta yang merasa senang ikut divaksin.

“Saya berharap setelah divaksin tubuh saya jadi memiliki kekebalan terhadap Covid-19 dan bisa melakukan pembelajaran tatap muka seperti dahulu,” ungkap Zulkarnaen. (*)

Share :

Baca Juga

Foto bersama pengurus terpilih dengan Ketua Umum Nasional JZ08 AFT. (Foto: Dokumentasi RAPI Daerah 12 DIY)

Peristiwa

Sah, R.M. Nurdiantoro Ketua RAPI DIY Terpilih dalam Musda VII
Pemberangkatan tangki air bersih dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol. Arm. Ronald Siwabessy bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Masruri di halaman kantor BPBD setempat. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Meski Musim Kemarau Basah, Beberapa Wilayah Ini Sudah Alami Kekeringan
Penyerahan pataka oleh Ketua PWI DIY Hudono kepada Ketua IKWI terpilih Sri Surya Widhati. (Foto: Dokumentasi PWI DIY)

Peristiwa

Sri Surya Widhati Kembali Pimpin IKWI DIY
Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pasar Ditutup Selama PPKM Darurat, Pedagang Diberi Keringanan Bayar Restribusi
Hanya pasar esensial yang boleh buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ini Pasar di Yogya yang Tutup Selama PPKM Darurat
Sosialisasi dan pelatihan aplikasi Si Asmara. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Si Asmara, Aplikasi Surat Menyurat Terobosan Dinkes Temanggung
Lambang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. (ilustrasi:nyatanya.com)

Peristiwa

Hajad Dalem Garebeg Besar 2021/Jimakir 1954 Ditiadakan
Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Blora Polda Jawa Tengah menggelar latihan bongkar pasang senjata api laras panjang. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Asah Kemampuan, Polres Blora Gelar Latihan Bongkar Pasang Senjata