Home / Olga

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:05 WIB

Wawali Heroe Poerwadi Lepas Kontingen POPDA Kota Yogyakarta

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika melepas kontingen POPDA Kota Yogyakarta pada Jumat (11/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika melepas kontingen POPDA Kota Yogyakarta pada Jumat (11/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali akan digelar pada 14 – 16 Maret 2022 dengan mempertandingkan 29 cabang olahraga.

Sebelumnya POPDA DIY yang akan digelar pada tahun 2021 tidak bisa terselenggara akibat adanya pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga akan mengirimkan atlet pelajar untuk mengikuti POPDA DIY tersebut. Para atlet yang akan diberangkatkan tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Pengurus Kota (Pengkot) Cabang Olahraga yang ada di Kota Yogyakarta.

POPDA DIY merupakan wahana atlet pelajar untuk menunjukkan kemampuannya setelah mereka melakukan latihan rutin di sekolah, di Club, di Pengkot Cabang Olahraga yang bersangkutan.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika melepas kontingen POPDA Kota Yogyakarta pada Jumat (11/3/2022) di ruang Bima, Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Hadir dalam pelepasan tersebut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga beserta jajarannya, dan perwakilan atlet dan pelatih kontingen POPDA Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta juga menyampaikan bahwa pembibitan atlet hendaknya terus dilakukan di satuan pendidikan dan tidak hanya terhenti pada kejuaraan POPDA semata agar bibit-bibit unggul tersebut bisa tumbuh kembang menjadi atlet profesional yang berprestasi dan mengharumkan nama Kota Yogyakarta.

Baca juga   Gelar Operasi Pekat, Polisi Sita Puluhan Botol Miras di Sejumlah Cafe di Sarkem

“Selain meraih prestasi para atlet hendaknya menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas mengingat olahraga merupakan simbol persatuan dan kebanggaan kita bersama. Selamat berjuang, Selamat bertanding, raih prestasi terbaik untuk Kota Yogyakarta dengan menjadi juara umum dalam POPDA DIY tahun 2022,” kata Heroe.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Budi Santosa Asrori melaporkan bahwa jumlah kontingen yang akan mengikuti POPDA DIY sejumlah 400 orang yang terdiri 44 pelatih dan 356 atlet yang akan bertanding dalam 28 cabang olahraga.

“Setelah kami lakukan seleksi melalui Pengkot pada 15-16 Januari 2022, para atlet yang lolos seleksi kami masukkan dalam pemusatan latihan mulai tanggal 17 Februari hingga 14 Maret 2022,” jelas Budi.

Pada saat pemusatan latihan para atlet difasilitasi dengan uang transport, makan dan minum, sewa tempat latihan dan demikian juga para pelatih difasilitasi dengan uang saku dan makan minum.

Baca juga   Pordasi Hub, Solusi Kejuaraan Berkuda di Tengah Pandemi

Achmed Azzam Al Atiq dari cabang panjat tebing yang merupakan siswa SDN Timuran, Zahra Amalia Taufiqqurahman dari cabang atletik siswi SMAN 4 Yogyakarta, Auriel Juanito dari cabang angkat besi siswa SMA Budya Wacana dan Salwa Risania Nugraheni dari cabang Tarung Drajad siswi SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta mengutarakan rasa bangganya bisa mewakili Kota Yogyakarta dalam POPDA DIY tahun 2022 dan bertekad untuk meraih prestasi terbaik sebagai juara.

Hal senada juga disampaikan oleh Aris Sapto Priyono pelatih cabang olahraga tarung drajad dan Rosi Pamungkas pelatih cabang olahraga angkat besi yang berkeinginan agar atlet binaannya bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.

“Kami optimis kontingen POPDA Kota Yogyakarta bisa menjadi juara umum dalam POPDA DIY tahun 2022,” tutur Aris.

Pelepasan kontingen POPDA Kota Yogyakarta ditandai dengan pemakaian jaket oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada 2 atlet putra putri secara simbolis yang diikuti anggota kontingen yang secara serentak mengenakan jaketnya masing-masing.

(N1)

Share :

Baca Juga

Rahmat Erwin Abdullah. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Rahmat Erwin Raih Medali Perunggu Angkat Besi Olimpiade 2020
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara resmi membuka Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) III DIY Tahun 2022, Kamis (1/9/2022) malam di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman. Foto: Humas Pemda DIY

Olga

PORDA XVI dan PEPARDA III DIY Dibuka, 494 Medali Emas Diperebutkan
Ratusan atlet dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kejurnas tenis lapangan junior dan senior TDP Piala Wali Kota Magelang tahun 2021 di Kota Magelang. (Foto: MC MagelangKota)

Olga

Ratusan Atlet Ikuti Kejurnas Tenis Piala Wali Kota Magelang 2021
Foto: Humas Jateng

Olga

Gus Yasin Lepas Kirab Obor Pospenas IX, Singgah di Ponpes Mranggen dan Bandungan Minta Doa Restu Kiai
Foto: Amiriyandi/ InfoPublik

Olga

Indonesia Kunci Posisi Juara Umum Cabor Parabulu Tangkis ASEAN Paragames 2022
Danrem 072/ Pamungkas olahraga bersama anggotanya. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Olga

Danrem 072/ Pamungkas Olahraga Bersama Anggota
YoGowes Monalisa putaran kelima 2021 pada Jumat (10/12/2021) menyusuri kampung-kampung Purbayan di Kemantren Kotagede yang menjadi bagian dari jalur romansa kota lawas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

YoGowes Monalisa Putaran Kelima Susuri Kampung Purbayan Kotagede
KONI gelar vaksinasi untuk pelaku olahraga di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Olga

Pemkot Yogyakarta Vaksinasi Pelaku Olahraga