Home / Peristiwa

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:00 WIB

Wawali: Ora Kreatif Ora Duwe Masa Depan

Heroe Poerwadi dalam pembukaan Pelatihan Kreativitas Pemuda tahun 2022 pada Jumat (11/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi dalam pembukaan Pelatihan Kreativitas Pemuda tahun 2022 pada Jumat (11/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemuda merupakan penerus pembangunan bangsa, oleh karena itu pemuda harus dibekali dengan pendidikan, keterampilan dan kreativitas.

Untuk itulah Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menggelar Pelatihan Kreativitas Pemuda tahun 2022 pada 11 – 13 Maret 2022 di Wisma Sargede, Yogyakarta.

Pelatihan yang diikuti oleh 50 pemuda dari 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta yang telah memiliki kegiatan usaha dengan narasumber dari para praktisi wirausaha dan akademisi.

Kota Yogyakarta tidak memiliki sumber daya alam sehingga sangat tergantung dengan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang jasa.

Di tempat lain ada wilayah yang tinggal mengeruk sumber daya alam (batubara) yang kemudian dijual. Eksploitasi sumber daya alam yang terus menerus akan mengikis habis sumber daya alam tersebut.

Berbeda dengan Yogyakarta yang memiliki sumber daya manusia, yang bila dieksploitasi secara terus menerus justru akan makin terasah, produktif dan kreatif.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam pembukaan Pelatihan Kreativitas Pemuda tahun 2022 pada Jumat (11/3/2022).

Baca juga   Mencuri Jelang Buka Puasa, Warga Canden Bantul Dibekuk Polisi di Rumah Mertua

Heroe juga menyampaikan pentingnya open-mindedness bagi para pemuda agar Kreativitas dan inovasi bisa selalu muncul dalam menjalankan bisnis usahanya.

“Ki Hajar Dewantara mengajarkan kita untuk niteni, nirokke dan nambahi yang dari ketiga hal itulah lahir beragam kreasi dan inovasi,” kata Heroe.

Berkembangnya ekonomi kreatif yang berbasis teknologi informasi (IT) mendorong anak muda untuk tampil di depan sebagai pelaku ekonomi kreatif.

Melihat hal itu Pemkot berupaya membekali anak muda di Kota Yogyakarta agar menjadi generasi yang terdidik, terampil dan kreatif melalui satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan pelatihan.

Heroe juga mencontohkan bahwa banyak pelaku usaha di Yogyakarta yang bergerak di ekonomi kreatif seperti para programmer yang membuat game.

Selain itu banyak usaha yang lahir dari proses kreatif seperti BendungLepen di Giwangan dan Karangwaru Riverside yang merubah aliran sungai menjadi destinasi wisata.

“Dulu ora obah ora mamah, sekarang ora kreatif ora duwe masa depan,” pungkas Heroe.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Budi Santosa Asrori dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan wahana mengembangkan bakat dan minat pemuda dalam berwirausaha guna meningkatkan taraf hidupnya.

Baca juga   Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Kali Bebeng

“Melalui pelatihan ini kami berharap akan mampu memotivasi dan meningkatkan pengetahuan pemuda dalam pengembangan usaha yang telah ditekuni sehingga mampu bersaing, bertahan dan berkelanjutan,” jelas Budi.

Peserta pelatihan Dodi Wirawan dari Pakualaman yang menekuni usaha ayam geprek yang memilki masalah dalam pemasaran dan Silviana Dea dari Bener, Tegalrejo yang memiliki usaha membuat masker dari kain yang memiliki masalah dalam persaingan produk dengan masker medis.

Keduanya berharap agar dalam pelatihan ini mampu menjawab apa yang menjadi permasalahan yang sedang mereka hadapi dalam berusaha.

“Mudah-mudahan penguatan usaha yang dilakukan oleh Pemkot tidak hanya berhenti pada pelatihan ini saja namun berkesinambungan dan ada fasilitas tempat rujukan untuk mengonsultasikan kegiatan usaha,” harap Dea.

Pembukaan Pelatihan Kreativitas Pemuda tahun 2022 dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dengan pemukulan gong yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

(N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo berdialog petugas polisi saat bersepeda memantau mobilitas warganya. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Ajak ASN Banyak Jajan
Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa memantau pelaksanaan PPKM Darurat di sejumlah lokasi di Solo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Pantau Langsung Pelaksanaan PPKM Darurat
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menerima Forum Zakat Jateng, di ruang kerjanya, Senin (22/8/2022). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Forum Zakat Jateng Didorong Optimalkan Pengumpulan ZIS untuk Entaskan Kemiskinan
Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora Sugeng Saptono. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Lima KK dari Kecamatan Randublatung Blora Tak Bisa Berangkat Transmigrasi, Karena Alasan Ini
Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Temanggung pada tahun 2022 meningkat menjadi Rp38,32 miliar. (MFoto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

DBHCHT Kabupaten Temanggung Tahun 2022 Naik Menjadi Rp38,32 Miliar
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Bupati Dorong Lurah se-Kabupaten Sleman Kembangkan Pariwisata dan UMKM
Nampak personel TNI dan relawan membantu warga memindahkan harta benda ke tempat yang lebih aman. (Foto: MC Kab. Lumajang/Pendim 0821)

Peristiwa

Petugas Bantu Evakuasi Harta Benda Warga Terdampak Erupsi Semeru
Krisna Septian SH Kuasa Hukum Jamil berharap pelaku segera ditangkap. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Antisipasi Pelaku Pengancaman Kabur, Kuasa Hukum Jamil Desak Polisi Tangkap Terlapor