Home / Peristiwa

Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:53 WIB

Wawali Yogya Jabat Ketua Umum MES DIY

Heroe Poerwadi resmi menjabat Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Heroe Poerwadi resmi menjabat Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Heroe Poerwadi resmi menjabat Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 1442-1445 H usai dilantik bersama para pengurus baru. Heroe dipilih sebagai ketua umum berdasarkan hasil musyawarah wilayah MES DIY pada 13 Maret 2021.

“Kami mempunyai tekad untuk membangun ekosistem MES di DIY. Berfokus pada peningkatan sumber daya manusia. Sebelum dilantik kami telah mengadakan rapat kerja agar kinerja kami bisa cepat memberikan manfaat bagi masyarakat, terlebih di masa pandemi,” kata Heroe, saat pelantikan Pengurus MES DIY di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (19/8/2021).

Pelantikan pengurus MES DIY dilakukan secara luring yang dihadiri 15 pengurus harian dan sebagian Dewan Pembina/Pakar dengan protokol kesehatan. Pengurus MES DIY dilantik oleh Ketua III Pengurus Pusat MES Firdaus Djaelani secara daring.

Pelantikan dihadiri oleh kalangan perbankan syariah, pendidikan, pengusaha, organisasi msyarakat keagamaan dan sosial, organisasi profesi serta pengurus MES seluruh Indonesia secara daring.

Adapun pengurus MES DIY terdiri dari Ketua Umum Heroe Poerwadi didampingi lima ketua yakni Edy Suprayitno, Ridwan, Dandan, Wulan dan Ahmad Akbar Susamto Sekretaris Umum Edi Sunarto didampingi dua sekretaris Kurnia dan Octo Noor Arafat dan Bendahara Umum Noor Lisnaini Pamella didampingi dua bendahara Dana Suswati dan Tunggal Jaya serta 17 departemen.

Baca juga   Rampung Desember 2021, Lapangan Karang Kotagede Jadi Stadion Mini

Heroe menyatakan dalam musyawarah wilayah MES DIY program- program yang telah dirumuskan dan dihasilkan di antaranya sosialisasi, pelatihan, pendampingan, webinar dengan berbagai macam tema dan topik.

Selain itu melakukan bentuk kerja sama, pembentukan MES daerah, dan program- program unggulan yang akan terus dilanjutkan yakni Jogja Halal Festival dan Arisan MES.

“Dalam program di wilayah DIY harus fokus agar jelas apa yang akan dilakukan. Terutama potensi- potensi yang ada di DIY. Ini didasari karena potensi ekonomi syariah di DIY cukup besar dan melihat peluang dalam pasar global ekonomi syariah,” paparnya.

Pihaknya menyebut berdasarkan laporan State of The Global Islamic of Economy saat ini Indonesia sudah masuk dalam pemain besar ekonomi Syariah dunia yaitu masuk peringkat empat.

Meski demikian kontribusi Indonesia dalam pasar halal dunia baru mencapai 3,8 persen atau sekitar 2,1 triliun US Dollar. Indonesia, lanjutnya, masih menjadi konsumen pasar global ekonomi syariah yang mencapai 10 persen atau setara 214 miliar US Dollar.

Baca juga   Peringati Isra Mi’raj di Wadas, Gus Yasin Minta Warga Terus Jaga Kerukunan

“Tentu ini tantangan besar bagi kita semua. Bagaimana kita mampu untuk menjadi produsen produk halal dunia. Oleh karena itu kami terus mendorong potensi- potensi di DIY. Misalnya potensi fesyen baju muslim agar bisa menjadi bagian produk ekspor Indonesia,” tambah Heroe.

Dicontohkan industri makanan halal Indonesia pernah masuk peringkat empat dan pertumbuhan ekonomi di DIY selama pandemi salah satunya ditopang dari pertanian dan makanan.

Oleh sebab itu diharapkan potensi itu dapat ditingkatkan menjadi ekspor produk halal. Termasuk sektor pariwisata di DIY perlu pengembangan sarana prasarana agar mampu merebut pariwisata halal dunia.

Sementara itu Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam X yang membacakan sambutan Gubernur DIY lewat video mengatakan, sektor pariwisata ramah muslim mengalami pertumbuhan negatif selama beberapa tahun.

Hal itu menjadi tantangan pengurus baru MES DIY. Selain itu MES DIY diharapkan berperan aktif membantu masyarakat di masa pandemi dan bersinergi dengan semua pihak. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogya melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menggelar workshop sturktur dan skala upah, Senin (14/3/2022) di ruang Bima Balaikota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Ajak Perusahaan Saling Bersinergi untuk Jaga Keharmonisan Pekerja
Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

Peristiwa

Puluhan Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5
Sejumlah warga menyegel jalan menuju TPS sampah Selokaton (Foto: istimewa)

Peristiwa

Dinilai Abaikan Pengelolaan Sampah, Warga Selokaton Blokade Jalan Dusun
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara
Petugas BPBD Kabupaten Situbondo melakukan kaji cepat dilapangan di Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/4/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Situbondo)

Peristiwa

Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir
Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis (23/12/2021) mengatakan, berdasarkan data Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Erupsi Gunung Semeru per 21 Desember 2021, pukul 18.00 WIB mencatat korban meninggal bertambah 1 jiwa sehingga total meninggal dunia akibat erupsi menjadi 51 jiwa. (MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Korban Meninggal Akibat Erupsi Gunung Semeru Bertambah Menjadi 51 Orang
Doa Bersama Lintas Agama DIY yang digelar kemarin. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

#PrayFromHome, Langitkan Doa dari Jogja untuk Indonesia
Bupati Kudus Hartopo saat mengecek penyaluran BLT tahap I dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) di Brak Djarum SKT, Desa Garung Lor, Jumat (26/8/2022). Foto: MC Kab. Kudus

Peristiwa

Cek Penyaluran BLT, Bupati Harap Dapat Membantu Perekonomian Buruh Rokok