Home / Panggung

Selasa, 21 September 2021 - 21:34 WIB

Wayang Jogja Night Carnival #6 Digelar 7 Oktober 2021

Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival edisi 2019. (Foto: Tangkapan layar YouTube Evio Media)

Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival edisi 2019. (Foto: Tangkapan layar YouTube Evio Media)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) sebagai bagian dari rangkaian Puncak acara peringatan hari jadi Kota Yogyakarta yang ke-265.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan gelaran ini akan dilaksanakan di Stadion Mandala Krida, pada tanggal 7 Oktober 2021 dengan tema Semar Boyong, dimulai pukul 18.00 WIB dan akan disiarkan secara langsung melalui chanel YouTube Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

“Tema ini menceritakan tentang Poncowati yang terkena pagebluk, lalu bisa terhindar karena Kembang Wijaya Kusumo dan Cangkok Wijaya Mulyo pulih kembali di tangan Semar,” ujarnya saat workshop WJNC di Alana hotel, Selasa (21/9/2021).

Wahyu menjelaskan kisah ini diambil sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat Kota Yogya untuk setahap demi setahap memperbaiki keadaan akibat pandemi yang telah berlangsung hampir 2 tahun.

Baca juga   ARTJOG MMXXI Digelar Daring di JNM 8 Juli sampai 31 Agustus 2021

“Konsep pertunjukan dilaksanakan dengan konsep hybrid event atau even bauran luring dan daring yang melibatkan 14 Kemantren dengan format tapping – interaktif, yang akan di siarkan melalui media sosial yakni Youtube, instagram dan Tik Tok serta akan menggandeng influncer sosial media” bebernya.

Dalam penyelenggaraan WJNC ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, selain itu seluruh peserta dan kru juga diwajibkan telah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Bagi seluruh peserta dan kru minimal telah di vaksin dosis pertama,” katanya.

Meski direncanakan gelaran ini disiarkan secara daring, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap penyelenggaraan WJNC tahun ini akan kembali mengulang kesuksesan penyelenggaran beberapa WJNC tahun-tahun sebelumnya.

“WJNC telah ditetapkan sebagai Calendar of Event (COE) Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai event / ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia, yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” ujarnya.

Baca juga   Poejiyanto, Jagonya 'On The Spot' Karikatur Wajah

Ia menyadari bahwa penyelenggaraan WJNC tahun ini, di laksanakan di tengah-tengah Pandemi Covid-19, untuk itu tantangan ini kiranya bukan dijadikan hambatan.

“Dimana berarti kita memiliki tantangan bagaimana event extravaganza ini dapat kita laksanakan dengan sukses, penuh warna, mempresentasikan keluhuran budaya adi luhung Kota Yogya, namun dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Walikota mengungkapkan pergelaran WJNC dimaksudkan sebagai sarana promosi pariwisata bagi Kota Yogyakarta.

“WJNC adalah sebuah acara yang menjadi icon bagi pariwisata Kota Yogya, sebagai puncak panggung kreativitas seni budaya, sebagai sarana ekspresi cita, rasa dan karsa bagi segenap seniman dan penggiat seni budaya Kota Yogya ,” katanya.

WJNC ini, lanjutnya, juga merupakan trade mark Kota Yogya, diharapkan para penonton melalui saluran digital tetap memiliki memory dan kesan dalam alam bawah sadar mereka, bahwa Kota Yogya memiliki berbagai keunggulan potensi pariwisata. (*)

Share :

Baca Juga

Rojanah dalam video lagu 'Cerita Tresno'. (Foto: YouTube Rojanah Arinda Wae)

Panggung

Rojanah Rilis Single ‘Cerita Tresno’ yang Bikin Baper
Dialog Budaya dan Seni “Yogyasemesta” Seri-139 mengangkat topik “Memaknai Budaya Jawa, Menguatkan Pilar Kebangsaan”. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Panggung

Sinergi Ngayogyakarta-Surakarta Lestarikan Budaya Jawa
Apsari Barbie. (Foto:nyatanya.com/dokumentasi)

Panggung

Apsari Barbie, Pengidola Via Vallen yang Sudah Rilis 3 Single
Seniman Cokekan Gentayangan Cawas usai produksi konten YouTube. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Klaten)

Panggung

Sepi Job, Seniman Cokekan Gentayangan Cawas Rambah YouTube
Halimun 'Tanpamu'. (Foto: Dokumentasi Halimun)

Panggung

Band Pop Asal Yogya, Halimun Rilis Single Anyar ‘Tanpamu’
(Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

Panggung

Dinas Kebudayaan Gelar Drama Musikal Hanacaraka
Putri Nandika. (Foto:dokumentasi pribadi)

Panggung

Putri Nandika Tawarkan Lagu ‘Mimpi Mesra’
Grace dan karyanya berjudul 'Peace'. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Pasangan Perupa Grace dan Dedok, Wakili Indonesia di Pameran Pertukaran Seni Internasional ke-20 Jepang