Home / Olga

Minggu, 25 Juli 2021 - 10:02 WIB

Windy Cantika: Alhamdulillah Senang Banget, Tak Meyangka Bisa Sumbang Medali untuk Indonesia

Windy Cantika dan medali perunggu Olimpiade 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Windy Cantika dan medali perunggu Olimpiade 2020. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

NYATANYA.COM, Jakarta – Atlet angkat besi Indonesia, Windy Cantika Aisah, mengaku senang dan bangga bisa menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia dan dirinya di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Windy Cantika berhasil naik podium usai mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kg di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021).

“Alhamdulillah senang banget rasanya, di umur 19 tahun sudah ikut Olimpiade, bisa nyumbangin medali juga. Alhamdulillah sangat bersyukur,” ujar Windy Cantika Aisah saat konferensi secara virtual dipantau dari Jakarta, Sabtu (24/7/2021) petang.

Windy Cantika pun mengungkapkan kunci keberhasilannya dalam ajang olahraga paling bergensi di dunia tersebut, menurutnya, hasil yang dicapainya tidak terlepas dari peran pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja yang selalu memberikan support dan semangat saat bertanding.

Apalagi dirinya sempat mengalami kendala pada angkatan snatch pertamanya seberat 84 kg. Beruntung, bagi Windy Cantika karena ia langsung berhasil mengamankan angkatan tersebut pada kesempatan keduanya.

“Kuncinya mungkin tadi disemangati pak Dirdja. Jadi jangan patah semangat katanya gitu,” tambahnya.

Baca juga   Pembalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans Juara Jakarta E-Prix 2022

Windy mengaku sempat ingin meneteskan air mata saat clean and jerk karena tidak percaya bisa sampai berhasil meraih posisi tersebut. “Cuma masih satu angkatan. Jadi jangan dulu, mau nangis, satu lagi (angkatan) belum beres,” ujarnya.

Windy mengungkapkan sejak awal mengikuti ajang ini tidak pernah menargetkan medali dan tidak menyangka bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia. Karena dia ingin semua mengalir saja dan selalu mengikuti apa yang diperintahkan oleh pelatih.

“Apa yang dikasih pelatih itu yang dikerjain, sama sekali tidak menargetkan medali yang penting apa kata pelatih Windy kerjain,” kata Windy menjelaskan, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Sementara itu, Pelatih Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja menyampaikan terimakasih atas dukungan dan doa semua masyarakat Indonesia. Menurutnya, hasil yang dicapai atlet angkat besi ini berkat kerja sama semua pihak dengan semboyan Together We Are Strong.

“Yang jelas kita sangat bangga dimana Windy Cantika ini the next generasi angkat besi, di umur 19 sudah dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Semoga kedepan akan lebih baik,” harapnya.

Baca juga   Presiden Jokowi: Haornas ke-38 Diperingati dengan Catatan Prestasi Membanggakan

Seperti diketahui Windy meraih medali perunggu yang turun di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021).

Windy Cantika berhasil mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kg. Ini menjadi medali pertama untuk Windy Cantika pada ajang Olimpiade. Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kg dan menempati posisi keempat.

Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga ia menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu.

Sementara itu medali emas didapat oleh atlet China, Hou Zhihui yang juga membukukan rekor Olimpiade. Adapun perak disabet wakil India, Chanu Mirabai.

Tercatat Hou Zhihui membukukan tiga rekor sekaligus saat meraih medali emas nomor 49 kg putri. Angkatannnya merupakan rekor baru di snatch, clean and jerk plus total angkatan. (*)

Share :

Baca Juga

Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo melaksanakan olahraga tenis lapangan bersama Perwira Korem 072/Pamungkas dan perwakilan beberapa instansi sipil dalam upaya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh di masa Pandemi Covid-19, Jumat (21/1/2022). (Foto: Penrem 072/Pmk)

Olga

Kasrem 072/Pamungkas Jaga Kebugaran dengan Olahraga Tenis Lapangan
Penerimaan api obor Pesonas 2022 diserahkan dari Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat yang didampingi Wabup M Albar, kepada Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo di halaman Pendapa Jenar, Senin (14/3/2022). (Foto: MC.TMG)

Olga

Kirab Obor Pesonas 2022 Tiba di Temanggung
Perjuangan penuh peluh Yudha Wiratama (13) mengayuh sepeda dari Cilacap menuju Kota Semarang terbayar tuntas. Mimpinya bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan bersepeda bersama orang nomor satu di Jawa Tengah itu terwujud. (Foto:Humas Jateng)

Olga

Setelah Gowes 250 Km Cilacap-Semarang, Siswa SMP Ini Akhirnya Ketemu Ganjar
Garuda Nusantara (julukan timnas U19 Indonesia) sukses membantai Brunei Darussalam dengan skor 7-0. Foto: goal.com

Olga

Timnas Indonesia U19 Bantai Brunei Darussalam 7 – 0
Roadshow ke 12 kota menyemarakkan gebyar Peparnas 2021. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

Roadshow 12 Kota Semarakkan Peparnas XVI Papua 2021
Siwo PWI Jatim memastikan langkahnya ke babak semifinal di Turnamen Sepakbola Antar Wartawan Piala Wali Kota Solo 2022 setelah berhasil mengalahkan Tim Siwo Yogyakarta dengan skor 2-0 pada babak penyisihan grup A yang digelar di Lapangan Kota Barat Surakarta, Senin (14/2/2022) sore. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

Kalahkan Yogyakarta, Siwo PWI Jatim ke Semifinal Piala Wali Kota Solo 2022
Pemain PSS saat menjalani fisioterapi. Foto: nyatanya.com/UNISA

Olga

Cek Kebugaran, PSS Datangi Klinik Fisioterapi Unisa
Foto: Istimewa/PSSI

Olga

Ketua PSSI Berharap Garuda Muda Mampu Kalahkan Vietnam