Home / Wisata

Sabtu, 15 Januari 2022 - 16:06 WIB

Wisatawan Wajib Tau, Naik Candi Borobudur Harus Pakai Sandal Upanat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi Kementerian PUPR atas selesainya pembangunan Concourse atau jalan menuju Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi Kementerian PUPR atas selesainya pembangunan Concourse atau jalan menuju Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengapresiasi Kementerian PUPR atas selesainya pembangunan Concourse atau jalan menuju Candi Borobudur.

Concourse tersebut dikatakan Sandi akan segera dioperasikan. Dan hal tersebut diharapkan merupakan awal kebangkitan ekonomi. Setelah nanti dibuka dengan penataan yang sesuai dengan petunjuk dari Balai Konservasi Borobudur, maka akan dapat segera menerima kunjungan wisatawan.

“Yang di pelataran Candi sebanyak 4.000 dan 1.000 yang dapat naik ke Candi dengan memakai Sandal Upanat yaitu sandal yang memang digunakan untuk naik candi, ini terdapat di relief 150 Karmawibangga,” kata Sandiaga Uno saat melakukan rangkaian kegiatan di Kawasan Borobudur, Jumat (14/1/2022).

Sandi berharap dengan mulai diterimanya wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur mengenakan sandal Upanat akan dapat membuka lapangan kerja baru. Pelestarian cagar budaya tetap terjaga dengan tetap mengutamakan sisi konservatif walaupun masih dalam bingkai protokol kesehatan.

Baca juga   Bandar Sabu Menyamar Jadi Polisi, Pas Ditangkap Tunjukkan Kalung Reserse

“Saya pastikan pembangunan ini (Concourse) tidak menyalahi petunjuk dan kaidah yang ada dan ini kita lakukan sepenuhnya dengan berkonsultasi dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam lingkup pelestarian Candi Borobudur,” lanjutnya.

Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati mengatakan terkait penerimaan kembali wisatawan untuk Candi Borobudur, pihaknya menunggu arahan dari Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Kami menunggu arahan dari Bapak Dirjen Kebudayaan karena memang masih ada yang harus diselesaikan untuk bisa membuka Candi Borobudur agar wisatawan bisa naik dengan jumlah terbatas, karena hal ini terkait dengan kesiapan kami namun akan segera kami minta arahan Dirjen,” katanya.

Baca juga   PPKM Level 1, Ibadah Natal 2022 Maksimal 100 Persen Umat yang Hadir

Selain itu, Wiwit juga menyampaikan wisatawan yang nantinya diperbolehkan naik ke struktur Candi Borobudur harus didampingi dengan guide yang kompeten. Dan dalam hal ini guide harus dapat menjelaskan Candi Borobudur adalah warisan dunia yang mempunyai outstanding universal value (Nilai universal luar biasa).

“Bahkan kita juga sudah siapkan One Touch, yang memungkinkan wisatawan yang belum bisa naik ke Candi Borobudur akan dapat melihat dari handphone, relief Karmawibangga yang tertutup. Ini merupakan kerjasama Balai Konservasi Borobudur dan ITB,” ungkapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat melancong ke Kota Bandung adalah Trans Studio Bandung. Trans Studio yang terletak di Jalan Gatot Subroto Bandung ini, menyuguhkan 20 wahana seru yang terbagi menjadi 3 zona. (Foto:MC Kota Bandung)

Wisata

Trans Studio Bandung, Destinasi Wajib Pelancong dengan 20 Wahana Seru
Usai membuka Festival Langensari, Heroe Poerwadi meninjau stan-stan produk UMKM dan membeli sejumlah produk warga. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Festival Langensari, Upaya Pemkot Yogya Kenalkan Langensari kepada Khalayak
Acara jamasan pusaka ini sebagai sarana pelestarian kebudayaan khususnya adat dan tradisi di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Pemkot Yogya Lakukan Prosesi Jamasan Tombak Kyai Wijaya Mukti
Ajang Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2002 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, dan dibuka Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, akan digelar di Ketep Pass Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Foto: humas/beritamagelang

Wisata

PWI Jateng Gelar Ajang Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2022 di Ketep Pass Magelang
Tumpeng Menoreh. Di lokasi ini pengunjung bisa foto-foto atau bikin konten video sepuasnya. (Foto:wisatamagelang.com/@shoimsetam)

Wisata

Tumpeng Menoreh, Wisata Kuliner Eksotis di Atas Bukit yang Digagas Erix Soekamti
Foto: ANTARA

Wisata

Imigrasi Batam: 35 Ribu WNI ke Luar Negeri Gunakan Kapal Feri
Lumpia Samijaya alias lumpia Mutiara yang legendaris itu. (Foto: Chaidir)

Wisata

Lumpia Legendaris ‘Mutiara’ Kini Ada di Teras Malioboro 2
Foto: Humas Jateng

Wisata

Jadi Seniman Dadakan, Ganjar Tatah Tebing Padas Beji Sudamala