Home / Wisata

Selasa, 7 September 2021 - 20:52 WIB

Woowww! Indahnya Pesona Rumah Apung Bangsring Banyuwangi

Rumah Apung Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Banyuwangi.  (Foto: Zainuri Arifin)

Rumah Apung Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Banyuwangi  –  Seiring perjalanan waktu, dan terhitung kurun 10 tahun terakhir ini Kaupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus mengembangkan sektor pariwisata. Destinasi wisata di wilayah kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini pun dapat dijumpai hampir di setiap pesisir pantai.

Dan di Banyuwangi terdapat salah satu wana wisata yang cukup unik. Bisa dibilang wisata ini termasuk wisata buatan yang didominasi oleh permainan air. Berawal dari pemanfaatan wilayah pantai yang disulap menjadi tempat wisata dengan beragam biota alam yang dilestarikan. Wisata tersebut bernama Bangsring Under Water (Bunder) atau masyarakat setempat kerap menyebutnya Rumah Apung Bangsring. 

Bangsring Under Water adalah salah satu tempat wisata air laut yang berada di sisi utara Banyuwangi. Kota Banyuwangi merupakan salah satu kota yang terletak di Wilayah Jawa Timur. Rumah Apung Bangsring tersebut memiliki ukuran 27 x 7 meter dengan bentuk bangunan semacam gubuk atau tempat singgah. Disanalah pesona keindahan bawah lautnya pantas menjadi salah satu agenda berwisata di Banyuwangi.

Baca juga   Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021

Rumah Apung Bangsring ini memiliki pesona keindahan yang sangat mempesona yang berada didalam laut rumah apung tersebut. Jika pengunjung ingin melihat pesona keindahan bawah lautnya tak perlu menyelam terlalu dalam. Hanya kira–kira 50 cm pun dengan jarak kurang dari 5 meter dari bibir pantai wisatawan sudah bisa menikmati keindahaan bawah laut Pantai Bangsring dengan beragam biota laut dan keindahan terumbu karangnya.

Wisatawan yang ingin bermalam di lokasi wisata juga disediakan penginapan. (Foto: Zainuri Arifin)

Disana pula para pengunjung juga bisa menikmati hilir-mudik ikan hias dan warna-warni terumbu karangnya. Laut Bangsring yang memiliki gugusan karang indah, menjadi tempat bersembunyi yang ideal bagi ribuan ikan hias yang menggemaskan.

Di sekeliling rumah apung, juga dapat melihat keindahan eksotis bawah laut Bangsring yang dipenuhi terumbu karang, koloni coral dan aneka ikan hias.

Sedangkan, berkat adanya wisata pulau apung ini bisa berdampak positif bagi para masyarakat setempat. Keterlibatan nelayan mulai dari menyewakan kapal, mengelola atraksi wisata, sampai guide untuk snorkling dan diving sampai menyewakan rumah mereka untuk homestay.

Baca juga   Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar

Dengan adanya rumah apung pendapatan nelayan meningkat. Mereka mendapatkan dua penghasilan baik dari menangkap ikan maupun wisata.

Dilokasi wisata tersebut juga telah dilengkapi tempat makan, tempat untuk istirahat,tempat parkir yang disediakan oleh penduduk yang tinggal di sekitar sekitar pantai tersebut.

Sementara, untuk mengunjungi lokasi wisata Rumah Apung Banyuwangi bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika menaiki angkutan umum sebaiknya cara termudah dengan menaiki kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Karena dari Stasiun Banyuwangi Baru ini jarak paling dekat dengan Pantai Bangsring. Yaitu hanya sekitar 12,5 km.

Setelah itu bisa menuju ke Pantai Bangsring dengan berhenti di Kecamatan Wongsorejo.   (N2)

Share :

Baca Juga

Pelaksanaan “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng. (Foto:Humas Pemkot Magelang)

Wisata

Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng
Acara penghargaan Joglosemar Tourism Awards 2021/2022. Foto: nyatanya.com/IG media_twc

Wisata

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Raih Joglosemar Tourism Awards 2021/2022
Foto:nyatanya.com/Twitter DAMRI Indonesia

Wisata

Ini Update Terbaru Layanan DAMRI Tujuan YIA
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik
Petugas Balai Konservasi Borobudur meneliti abu vulkanik Merapi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur, Pawon dan Mendut Terdampak Abu Vulkanik Gunung Merapi
Satu gelas Wedang Jancuk dengan gula batu di Angkringan DuaAtap Ngluwar dijual Rp6.000 per gelas. (Foto:Humas/beritamagelang)

Wisata

‘Wedang Jancuk’ Minuman Rempah Penambah Imun yang Laris di Tengah Pandemi
Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Watu Dodol berada ditengah ruas jalan yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi dan terletak 5 kilometer sebelum Pelabuhan Ketapang. (Foto: zainuri arifin)

Wisata

Pesona Watu Dodol yang Menyimpan Cerita Mistis