Home / Peristiwa

Selasa, 16 November 2021 - 17:24 WIB

World Superbike 2021 Mandalika akan Dihadiri 25 Ribu Orang

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M. Manuhutu. (Foto: InfoPublik)

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M. Manuhutu. (Foto: InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Perhelatan ajang World Superbike 2021 (WSBK) yang digelar pada Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diprediksi akan dihadiri oleh sebanyak 25 ribu orang dari berbagai pelosok dunia. Maka, ajang ini harus dimanfaatkan dengan optimal oleh berbagai pemangku kepentingan yang berada di NTB khususnya.

“Para penonton Superbike berjumlah sekitar 25.000,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M. Manuhutu dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk “Superbike 2021: Dari Mandalika untuk Dunia” pada Selasa (16/11/2021).

Dari banyaknya jumlah penonton itu, lanjut dia, pemerintah daerah harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pertama, pemerintah daerah terkait harus mampu memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sana untuk menjajakan produk barang yang dimilikinya.

Sebab, puluhan ribu pengunjung yang akan hadir itu, tentunya akan mengisi waktu luang mereka untuk berbelanja berbagai produk khas yang dimiliki oleh daerah NTB. Sehingga, para UMKM yang berada di sana mendapatkan pundi-pundi keuntungan dari para pengunjung dari perhelatan internasional tersebut.

Baca juga   Jajal Lintasan Balap, Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

“Selain menikmati kegiatan motor kita, para pengunjung ini juga akan berbelanja,” katanya.

Ajang ini, lanjut Odo, juga mampu menciptakan lapangan tenaga kerja bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah sirkuit. Karena, besarnya acara ini akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk membuat acara balapan motor kelas dunia ini dapat berjalan dengan lancar selama beberapa hari ke depan. Dengan begitu pelayanan yang diberikan dapat dilakukan secara optimal.

Direncanakan, ajang balapan tingkat internasional seperti yang dilakukan saat ini dapat diselenggarakan secara rutin oleh pemerintah di masa-masa mendatang.

“Superbike ini akan dilakukan secara terus menerus dalam masa depan,” katanya.

Selanjutnya, Superbike 2021, juga mampu membuat nama NTB sebagai salah satu dari tempat destinasi super prioritas menjadi lebih tersohor di telinga dunia internasional. Karena, promosi-promosi secara gencar yang dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan terkait dengan penyelenggaraan balapan motor tingkat internasional ini.

Dampaknya, wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia lainnya dapat datang ke NTB.

“Ini adalah cara yang efektif mempromosikan destinasi super prioritas Mandalika,” katanya.

Baca juga   Travel Bubble Dipatuhi, Tes Pramusim MotoGP 2022 Lancar

Sementara itu, ajang Superbike 2021 ini merupakan hasil dari dari kerja sama gotong-royong berbagai pemangku kepentingan. Sehingga, perhelatan balapan motor yang berskala internasional ini dapat diselenggarakan dalam beberapa pekan ke depan.

Menurut dia, selama satu tahun belakangan, seluruh pemangku kepentingan berkolaborasi dalam mewujudkan perhelatan balapan kelas internasional ini tetap terselenggara di Sirkuit Mandalika.

Dari mulai instansi pemerintah, masyarakat hingga dengan pihak swasta semuanya saling bahu membahu dalam mendukung perhelatan ini tetap digelar.

“Saling bahu-membahu mensukseskan dan kegiatan itu tidak akan pernah akan terlaksana kalau tidak ada dukungan,” imbuhnya.

Dia berharap, penyelenggaraan ajang ini dapat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Sehingga, potensi penyebaran wabah global Covid-19 dapat dikendalikan secara optimal selama penyelenggaraan balapan motor bergengsi kelas dunia digelar selama beberapa waktu ke depan.

Penerapan prokes ini, juga sesuai dengan anjuran pemerintah yang mengharuskan dalam setiap tempat pariwisata menerapkan prokes dalam setiap kegiatannya. Dengan begitu, ancaman wabah global ini dapat diantisipasi penyebarannya sedari awal penyelenggaraan berlangsung.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat rapat koordinasi pengamanan wilayah dalam rangka relokasi Pasar Weleri, di Ruang Ngesti Widdhi, Jumat (10/12/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Akhir Desember, Pedagang Pasar Weleri Direlokasi ke Terminal Bahurekso
Kementerian Perhubungan memastikan pemerintah daerah untuk memastikan setiap angkutan umum dan barang wajib melakukan UJI KIR untuk memastikan kendaraan yang digunakan layak, aman dan selamat. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp)

Peristiwa

Kecelakaan Truk Kontainer di Balikpapan, Kemenhub Ingatkan Soal Uji KIR
Baznas Boyolali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Baznas Boyolali Salurkan Bantuan Rp250 Juta
Kapolres Purworejo menerima audensi warga Wadas pendukung proyek pemerintah dan menagatakan akan mendamingi dan melindungi warga. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Kapolres Purworejo Siap Lindungi Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener dari Ancaman dan Intimidasi
Giat evakuasi warga terdampak banjir oleh BPBD Kabupaten Cirebon dan tim gabungan menggunakan perahu karet, Sabtu (22/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

Peristiwa

Banjir Wilayah Cirebon Berangsur Surut, Warga Mengungsi 115 Jiwa
BPBD dan tim gabungan merespons banjir di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (5/3/2022) sore. (Foto: BPBD Kab.Cirebon)

Peristiwa

Meski Surut, Wilayah Terdampak Banjir Cirebon Masih Berpeluang Banjir Susulan
Para tersangka kejahatan seksual terhadap anak yang dibekuk Polda DIY. Foto: Instagram @humasjogja

Peristiwa

Kejahatan Seksual pada Anak Dibongkar Polda DIY, Ortu Wajib Awasi Penggunaan HP
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melakukan panen sayur dan ikan bersama Kelompok Tani 265 RW 10 Kauman Ngupasan Gondomanan pada Selasa (1/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terus Perluas Pertanian Kota dengan Kampung Sayur