Home / Peristiwa

Kamis, 19 Agustus 2021 - 07:20 WIB

Wujud Nasionalisme, Pedagang Pasar Ini Gelar Upacara Bendera

Para pedagang di pasar Batang ini juga mengikuti upacara bendera. (Foto:Diskominfo Jateng)

Para pedagang di pasar Batang ini juga mengikuti upacara bendera. (Foto:Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Batang – Ikut memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus wujud cinta tanah air, para pedagang di Pasar Batang menggelar upacara bendera, Selasa (17/82021).

Kepala Pengelola Pasar Batang, Bambang Setyo Utomo, menjelaskan, kegiatan digelar sebagai wujud rasa nasionalisme para pedagang pasar.

“Kami selalu menumbuhkan semangat cinta tanah air kepada para pedagang, salah satunya dengan upacara bendera di lingkungan pasar, agar semua ikut berpartisipasi menyemarakkan ulang tahun kemerdekaan. Sejak pandemi tiap-tiap pasar di Kabupaten Batang menggelar upacara secara mandiri, dengan melibatkan seluruh pedagang,” ujar Bambang.

Ditambahkan, pihaknya bersama paguyuban pedagang juga telah menyampaikan kepada para pedagang agar mengibarkan bendera Sang Merah Putih di tiap kios atau lapak.

Ketua Paguyuban Pasar, Anwar Rozikin mengutarakan, upacara yang digelar serentak oleh seluruh pedagang dan di semua pasar, merupakan bentuk patriotisme para pedagang.

Baca juga   PT KAI Luncurkan KAIPay, Alternatif Pembayaran Digital Pelanggan

“Para pedagang menunjukkan semangat yang ingin selalu tumbuh dan maju. Terima kasih kepada para pahlawan, kita sudah merdeka dan sekarang tinggal mengisi dengan memberikan semangat juang yang tinggi,” tegasnya.

Salah seorang pedagang pasar, Fitri mengutarakan, dirinya merasa bangga bisa melaksanakan peringatan detik-detik proklamasi di tempatnya mencari rezeki setiap harinya.

“Saya bahagia dan bangga karena bangsa Indonesia sudah merdeka dan pokoknya kita harus selalu semangat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Batang, Wihaji, pada upacara peringatan HUT ke-76 RI di kantornya, menyatakan, rakyat Indonesia adalah rakyat yang tangguh karena memiliki semangat pantang menyerah, untuk bersama meraih masa depan yang lebih baik.

Ia pun mengimbau semua elemen masyarakat untuk memiliki komitmen dan prinsip, jangan menghianati pahlawan dengan melakukan tindakan yang bertolak belakang dengan moral dan hati nurani.

Baca juga   Masyarakat Diminta Sadar Vaksinasi Booster, Jangan Tunggu Petugas “Door to Door”

“Apa yang kita lakukan ini merupakan bentuk rasa syukur dan penghormatan terhadap para pejuang serta pahlawan kemerdekaan. Perjuangan mereka selalu kita kenang, karena pengorbanan mereka tidak pernah pudar dari ingatan kita,” ungkapnya.

Terkait pandemi Covid-19, Wihaji berharap agar warga tetap disiplin berikhtiar bersama pemerintah untuk saling bantu dan mengingatkan satu sama lain. Ia juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama dalam menangani pandemi, baik Forkopimda, tenaga kesehatan, TNI/Polri semua tokoh masyarakat dan relawan.

“Saya mengucapkan duka cita yang mendalam kepada korban pandemi yang telah meninggal dunia. Semoga mereka mendapatkan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” tandas bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Heroe Poerwadi melepas pengiriman bantuan erupsi Gunung Semeru dari Pemkot Yogyakarta di Kantor BPBD Kota Yogyakarta, Rabu (8/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kirimkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyatakan pihaknya telah mengamankan 19 tersangka penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi. (Foto: Tangkapan Layar Video Humas Polri)

Peristiwa

Polri Amankan 19 Tersangka Penyalahgunaan BBM Solar Bersubsidi
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka Pasar Ramadan Program Santripreneur di Kampung Malangan Giwangan, Selasa (5/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Pasar Ramadan Momentum Bangkitkan Ekonomi Masyarakat
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pidekso Wonogiri, Selasa (28/12/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pidekso Wonogiri
Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi M. M. menyerahkan santunan kepada ahli waris korban tragedi Kanjuruhan. Foto: MC Kab.Malang

Peristiwa

Sebanyak 70 Warga Kabupaten Malang Jadi Korban Tragedi Kanjuruhan, Bupati Serahkan Santunan dan Akta Kematian
Kombes Pol Rihsian Krisna Budhiaswanto. Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Polisi Periksa Perawat yang Lakukan Perbuatan Asusila kepada Anak Pasien di Kupang
Vaksinasi Covid-19 secara jemput bola yang saat ini digencarkan Pemkab bersama Kodim dan Polres Batang, menjadi solusi untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Hadapi Ancaman Omicron, Pemkab Batang Jemput Bola Vaksinasi
Pojok hijau dan Muria Farm di Desa Besito menghasilkan sayuran berkualitas. (Foto: Diskominfo Kudus)

Peristiwa

PKK Dorong Geliat UMKM dalam Masa Pemulihan Ekonomi