Home / News

Minggu, 6 Maret 2022 - 15:47 WIB

Wujudkan Antikorupsi, KPK Bentuk Direktorat Khusus

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk satu direktorat khusus yang menangani upaya pembangunan kesadaran dan memperoleh komitmen dari badan usaha dan swasta dalam sistem pencegahan korupsi.

Tujuannya untuk mewujudkan iklim usaha yang sehat, bersih, dan antikorupsi. Sejalan pula dengan komitmen global sejumlah negara yang tergabung dalam G20.

“Komitmen KPK untuk mendorong peran dunia usaha dalam pemberantasan korupsi diwujudkan dengan membentuk satu direkrorat baru yang secara khusus memberikan pemahaman serta membangun kesadaran dari badan usaha dan swasta,” kata juru bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati ketika dihubungi, Sabtu (5/3/2022).

Komitmen mencegah korupsi juga disuarakan negara-negara dunia dalam Presidensi G20 Indonesia 2022.

Ipi menyebut, Presidensi G20 menjadi memomentum mendorong komitmen anti korupsi global menyikapi ancaman korupsi yang semakin kompleks dengan hadirnya ekonomi digital.

Baca juga   Kearifan Lokal, Suara Kulkul di Bali Tandai Peringatan Dini Bencana

Menyangkut keterlibatan sektor swasta dalam membangun kultur antikorupsi, sambung Ipi, pelaku usaha juga harus memiliki pengetahuan tentang tindak pidana korupsi agar terhindar dari praktik-praktik korupsi.

“KPK mendorong pembangunan sistem manajemen yang antisuap dan upaya pencegahan lainnya dengan pembangunan budaya antikorupsi melalui para Ahli Pembangun Integritas (API) yang tersertifikasi, yaitu para pegawai yang bertindak sebagai focal point di setiap badan usaha yang menyuarakan praktik-praktik usaha yang antikorupsi,” ungkapnya.

Upaya KPK untuk mendorong peran swasta dalam upaya pemberantasan korupsi telah dilakukan sejak 2016 melalui program Profesional Berintegritas (Profit).

Beberapa sektor yang menjadi fokus diantaranya infrastruktur, kesehatan, migas, kehutanan dan pangan dengan mempertimbangkan besarnya dana yang dialokasikan dan dampaknya yang besar terhadap hajat hidup masyarakat.

Baca juga   Tokoh Pemuda Berharap Segera Ada Pejabat Gubernur di Papua

“KPK berharap dengan menurunkan tingkat korupsi di sektor-sektor tersebut, diharapkan kesejahteraan masyarakat meningkat, demikian pula Indeks Persepsi Korupsi (CPI) di Indonesia dapat terdongkrak mengingat pentingnya peran dunia usaha dalam mencegah praktik korupsi,” harapnya.

Sementara Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Usman Kansong menambahkan, upaya pencegahan korupsi perlu dilakukan secara berkelanjutan di berbagai sektor.

Upaya pencegahan ini juga harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk dunia.

“Presidensi G20 harus dijadikan momentum komitmen bersama berbagai negara mencegah ancaman korupsi di era ekonomi digital,” katanya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)

News

Menteri Nadiem: Sebaran Bahasa Indonesia Sudah Mencapai 47 Negara
Pemkab Banyumas dan Cilacap sepakat jalin kerjasama tangani Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Banyumas)

News

Banyumas-Cilacap Kolaborasi Tangani Covid-19
Sejumlah remaja berhasil ditangkap dan diamankan petugas kepolisian saat hendak tawuran membawa senjata tajam. (Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Diamankan Sajam, 9 Pelajar Remaja  Hendak Tawuran Ditangkap
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate dalam Diskusi The Editor’s Talks yang berlangsung secara hybrid, Selasa (8/2/2022). (Foto: Tangkapan Layar Zoom)

News

Menkominfo: Peran Strategis Pers akan Terus Berkelanjutan
Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Rut Kruger Giverin menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (16/2/2023). Foto: Ist

News

Jajaki Kerja Sama Transisi Energi, Dubes Norwegia Rut Kruger Giverin Temui Ganjar Pranowo
Aksi Demo buruh Jatim tolak kenaikan BBM di Surabaya, Selasa (6/9/2022). Foto: selalu.id

News

Aksi Buruh Jatim Tolak Kenaikan BBM Berdamai dengan Pemprov, Ini Kesepakatannya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020, kategori tertinggi, yakni mentor. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jateng Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Tertinggi
Kecelakaan kereta api melibatkan KA Argo Semeru yang tergelincir, dan kemudian ditabrak KA Argo Wilis. (Foto: Istimewa/Twitter)

News

31 Orang Luka-Luka Akibat Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis di Kulon Progo