Home / Peristiwa

Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:56 WIB

Wujudkan Sekolah Penggerak, Disdikpora Temanggung Gelar Coaching Clinic

Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG)

Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Temanggung mengadakan Coaching Clinic calon Sekolah Penggerak di Gedung Graha Bumi Phala, komplek kantor Bupati Temanggung, Sabtu (9/10/2021).

Kegiatan diikuti oleh calon kepala sekolah penggerak dari jenjang Paud, SD dan SMP yang ada di Kabupaten Temanggung dengan dibantu oleh tim pembimbing dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) Jawa Tengah.

Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung menjelaskan, program sekolah penggerak merupakan program strategis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Targetkan Vaksinasi Capai 70% dalam Tiga Hari

Akan tetapi tidak semua provinsi dan kabupaten bisa menyelenggarakan, hanya provinsi dan kabupaten yang terpilih yang bisa menyelenggarakan.

Kabupaten Temanggung menjadi salah satu yang dipercaya oleh Kemdikbudristek untuk menyelenggarakan program pendidikan sekolah penggerak.

“Ada 300 Kepala Sekolah yang mendaftar di program Sekolah Penggerak, baik dari jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP, yang sudah terverifikasi lengkap ada 5 Kepala Sekolah, 137 sudah tersubmit dan sisanya hari ini menyelesaikan proses pendaftaran,” ungkapnya.

Ia berharap semua peserta bisa menyelesaikan dan semuanya bisa ikut seleksi dan bisa terverifikasi lengkap oleh tim pansel dari Kemdikbudristek dan bisa mengikuti program sekolah penggerak khususnya kepala sekolah penggerak di tahun yang akan datang.

Baca juga   Bantu Percepatan, DPRD Temanggung Gelar Vaksinasi Massal

Untuk Kabupaten Temanggung ada kuota sejumlah 161 untuk semua jenjang baik Paud, TK, SD, SMP. Adapun jumlah yang lolos verifikasi merupakan kewenangan dari tim Pansel.

Agus Sujarwo menambahkan, saat ini di Kabupaten Temanggung ada 5 SMP yang sudah mengikuti program Sekolah Penggerak yaitu SMPN 2 Temanggung, SMPN 1 Jumo, SMPN 1 Tlogomulyo, SMP Krista Citra, dan SMP PGRI Candiroto.

“Untuk SMP kita berharap ada 22 yang bisa ikut lagi, untuk SD kami berharap yang terdaftar ada 200 lebih, mudah-mudahan bisa sebagian besar atau 50 % nya bisa terdaftar menjadi sekolah penggerak.” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

Sri Sultan: Konsentrasi DIY Perbanyak Vaksinasi dan Pindahkan Isoman ke Shelter
Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Sah! Delapan Pasangan Nikah Siri Dilegalkan
Serbuan Vaksin yang digelar Kodim Kota Salatiga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Kodim Kota Salatiga Gelar Serbuan Vaksin
Terminal Tipe A Kota Pekalongan terpantau sepi penumpang. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Sepi Penumpang, Operasional Terminal Pekalongan Tetap Berjalan
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid masjid Al-Hakim di Prangwedanan, Potorono, Banguntapan. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Hakim Prangwedanan
Duta Anak Kota, menumbuhkan kreativitas baru anak-anak di Kota Yogyakarta dimasa pandemi. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Duta Anak Kota Yogya Siap Berkarya dalam Kondisi Apapun
Polres Magelang, kembali menyalurkan bantuan sebanyak 8,8 ton beras dari Kemenko Marves RI. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Bantuan Beras 8,8 Ton dari Kemenko Marves
Pengolahan sarang burung walet milik Koperasi Serba Usaha (KSU) Bina Umat, Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung mulai melayani pesanan ekspor kesejumlah negara. (Foto:MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bisnis Pengolahan Sarang Burung Walet Kembali Menggeliat