Home / Peristiwa

Jumat, 3 September 2021 - 14:23 WIB

Wujudkan Temanggung Bebas Sampah, Pemkab Luncurkan “Masjchun Sofwan Awards”

Bupati Temanggung HM Al Khadziq meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Bupati Temanggung HM Al Khadziq meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Pemkab Temanggung meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021 guna merangsang seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung atau pemberi semangat pada seluruh elemen di Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan Temanggung Bebas Sampah

Grand Launching Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021 berlangsung di Temanggung TV oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Kamis (2/9/2021), dihadiri Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Sekda Kabupaten Temanggung Harry Agung Prabowo, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), kepala dinas terkait, dan ketua dewan sampah.

Acara ini juga diikuti secara virtual oleh Camat se-Kabupaten Temanggung, Kepala Desa, Lurah, serta perwakilan keluarga Masjchun Sofwan oleh Indira Mascjhun Sofwan, komite konservasi Kabupaten Temanggung, para aktivis LSM lingkungan hidup, Fasilitator Persampahan Kecamatan (FPK), Fasilitator Persampahan tingkat Desa (FPD) se-Kabupaten Temanggung, Pegiat Sampah Rumah Tangga (PSRT) se-Kabupaten Temanggung, dan masyarakat Kabupaten Temanggung melalui live streaming dan zoom meeting .

Baca juga   Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas

Bupati menegaskan, Masjchun Sofwan Awards merupakan stimulus untuk merangsang seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung atau pemberi semangat pada seluruh elemen di Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan Temanggung Bebas Sampah yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud penghormatan Pemerintah Kabupaten Temanggung kepada beliau Bapak Masjchun Sofwan yang telah memimpin Kabupaten Temanggung dari tahun 1964 hingga tahun 1978, dan selama kepemimpinan beliau terkenal sebagai pemimpin yang sangat peduli terhadap lingkungan juga berhasil menumbuhkan budaya hidup bersih seluruh warga Temanggung dasar-dasar disiplin bagi aparat maupun bagi masyarakat dengan keteladanan beliau yang sangat baik sebagai wujud langkah nyata kita semua untuk meneruskan dan meneladani sosok Bapak Masjchun Sofwan,” kata Bupati.

Sehingga tahun ini, Pemkab Temanggung mulai menyelenggarakan kegiatan Masjchun Sofwan Awards, yaitu pemberian penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat untuk bidang lingkungan hidup.

Baca juga   Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi

“Bersih dari sampah sejak dari desa-desa sampai kota-kota di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung dan juga untuk pembangunan lingkungan yang lebih lestari melalui konservasi lingkungan hidup, mengingat Kabupaten Temanggung semakin hari semakin gundul sumber mata air banyak yang mati, sehingga dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk melakukan konservasi dan untuk melakukan gerakan Temanggung Bebas Sampah,” imbuh Bupati.

Rencananya, MSA akan dilakukan setiap tahun dan akan terus berkembang. Lebih lanjut Bupati berharap seluruh elemen masyarakat mulai dari individu, desa, kelurahan, lembaga maupun kelompok-kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kepedulian serta dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan mengingat alam dan lingkungan yang lestari merupakan tanggung jawab kita bersama serta menjadi modal dasar pembangunan Kabupaten Temanggung yang berkelanjutan. Semoga kedepan inisiasi ini betul-betul membuahkan hasil dalam mewujudkan Temanggung Bebas Sampah,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako
Dalam bincang bisnis UKM Virtual Expo 2021, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, factory sharing adalah sebuah ruang produksi bersama bagi Usaha Kecil Menengah. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jateng Segera Miliki “Factory Sharing” Furnitur
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pemkab Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Darussalam Timur Watucongol
Paripurna ke-4 DPRD Surakarta menyetujui seluruh Raperda Kotamadya Dati II Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Paripurna ke-4 DPRD, Seluruh Fraksi Menerima dan Menyetujui Raperda Kota Surakarta
Panen perdana porang di Kabupaten Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Petani Porang Desa Tukang Raup Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen
Khidmat doa mengawali tradisi Miwiti kopi Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

Ritual Miwiti Panen, Petani Kopi Bagikan Nasi Tumpeng Pada Warga Isoman
Bupati Klaten Sri Mulyani menerima bantuan APD dari PT Parna Raya dan Marianna Foundation. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Terima Bantuan 1.000 Pakaian Hazmat
Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Locals Unit Angkringan Jogja Citymewah, Berdayakan UMKM Kuliner di Yogya