Home / Peristiwa

Jumat, 3 September 2021 - 14:23 WIB

Wujudkan Temanggung Bebas Sampah, Pemkab Luncurkan “Masjchun Sofwan Awards”

Bupati Temanggung HM Al Khadziq meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Bupati Temanggung HM Al Khadziq meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021. (Foto: Diskominfo Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Pemkab Temanggung meluncurkan program Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021 guna merangsang seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung atau pemberi semangat pada seluruh elemen di Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan Temanggung Bebas Sampah

Grand Launching Masjchun Sofwan Awards (MSA) 2021 berlangsung di Temanggung TV oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Kamis (2/9/2021), dihadiri Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Sekda Kabupaten Temanggung Harry Agung Prabowo, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), kepala dinas terkait, dan ketua dewan sampah.

Acara ini juga diikuti secara virtual oleh Camat se-Kabupaten Temanggung, Kepala Desa, Lurah, serta perwakilan keluarga Masjchun Sofwan oleh Indira Mascjhun Sofwan, komite konservasi Kabupaten Temanggung, para aktivis LSM lingkungan hidup, Fasilitator Persampahan Kecamatan (FPK), Fasilitator Persampahan tingkat Desa (FPD) se-Kabupaten Temanggung, Pegiat Sampah Rumah Tangga (PSRT) se-Kabupaten Temanggung, dan masyarakat Kabupaten Temanggung melalui live streaming dan zoom meeting .

Baca juga   Hobi Ngintip dan Rekam Wanita Mandi, Pemuda di Surabaya Ini Diringkus Polisi

Bupati menegaskan, Masjchun Sofwan Awards merupakan stimulus untuk merangsang seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung atau pemberi semangat pada seluruh elemen di Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan Temanggung Bebas Sampah yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud penghormatan Pemerintah Kabupaten Temanggung kepada beliau Bapak Masjchun Sofwan yang telah memimpin Kabupaten Temanggung dari tahun 1964 hingga tahun 1978, dan selama kepemimpinan beliau terkenal sebagai pemimpin yang sangat peduli terhadap lingkungan juga berhasil menumbuhkan budaya hidup bersih seluruh warga Temanggung dasar-dasar disiplin bagi aparat maupun bagi masyarakat dengan keteladanan beliau yang sangat baik sebagai wujud langkah nyata kita semua untuk meneruskan dan meneladani sosok Bapak Masjchun Sofwan,” kata Bupati.

Sehingga tahun ini, Pemkab Temanggung mulai menyelenggarakan kegiatan Masjchun Sofwan Awards, yaitu pemberian penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat untuk bidang lingkungan hidup.

Baca juga   Terapkan Prokes Ketat, Artos Mall Dibuka dengan Pembatasan

“Bersih dari sampah sejak dari desa-desa sampai kota-kota di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung dan juga untuk pembangunan lingkungan yang lebih lestari melalui konservasi lingkungan hidup, mengingat Kabupaten Temanggung semakin hari semakin gundul sumber mata air banyak yang mati, sehingga dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk melakukan konservasi dan untuk melakukan gerakan Temanggung Bebas Sampah,” imbuh Bupati.

Rencananya, MSA akan dilakukan setiap tahun dan akan terus berkembang. Lebih lanjut Bupati berharap seluruh elemen masyarakat mulai dari individu, desa, kelurahan, lembaga maupun kelompok-kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kepedulian serta dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan mengingat alam dan lingkungan yang lestari merupakan tanggung jawab kita bersama serta menjadi modal dasar pembangunan Kabupaten Temanggung yang berkelanjutan. Semoga kedepan inisiasi ini betul-betul membuahkan hasil dalam mewujudkan Temanggung Bebas Sampah,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat membuka gelaran Festival UMKM 2021 di Pendopo Parasamya Kantor Setda Kabupaten Sleman, Jumat (3/11/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Dongkrak Pemasaran, Pemkab Sleman Gelar Festival UMKM Sembada
Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha saat meninjau kesiapan rumah sakit dalam merawat pasien Covid-19 di beberapa RS, Jumat (11/2/2022). (Foto: Heri/Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Kendal Siagakan 5 Rumah Sakit
Tim BPBD Surabaya mengevakuasi korban bunuh diri. Foto: selalu.id

Peristiwa

Diduga Terlilit Utang, Pemuda di Surabaya Gantung Diri di Jembatan Wiyung
Gowes dodolan kampung, salah satu program Pemkot Yogya untuk mengenalkan potensi-potensi kampung kepada masyarakat kembali digelar Jumat (4/2/2022). Kelurahan Wirobrajan menjadi fokus kegiatan kali ini. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Gowes Dodolan Kampung Giliran Menyapa Warga Wirobrajan
Bank Bapas 69 dukung pertumbuhan sektor usaha kecil di Magelang, dengan cara membeli hasil produk UMKM. (Foto:Humas Kab.Magelang)

Peristiwa

Produk UMKM Magelang Dipasarkan di Galery Display Bank Bapas 69
KPK menyelenggarakan kegiatan tematik optimaliasasi penerimaan pajak daerah di Pemkab Sleman, Kamis (10/2/2022). (Foto: MC Sleman)

Peristiwa

Optimalkan PAD, KPK Lakukan Kegiatan Tematik di Pemkab Sleman
Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh shelter mandiri Warungboto Tangguh. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Shelter Mandiri Warungboto Tangguh Gelar Vaksinasi Massal
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berkesempatan meresmikan secara langsung balai RW 05 Kampung Sayidan, peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Resmikan Balai RW 05 Sayidan, Wawali Berharap Dapat Menambah Kekompakan Warga