Home / Peristiwa

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Wulandari Lega Bisa Belajar Praktik di Sekolah Lagi

Suasana praktik siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Suasana praktik siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak setahun lalu ikut membawa dampak pada proses belajar siswa. Di Kabupaten Klaten, sudah satu tahun ajaran, siswa hanya bisa belajar secara daring sesuai instruksi Kementerian Pendidikan.

Meski mendapatkan materi pembelajaran, namun sebagian siswa mengaku kesulitan. Khususnya dalam memahami materi praktik bagi siswa SMK. Seperti dialami Tsamara Wulandari, siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten.

Menurutnya selama belajar di rumah, ia belajar praktik sesuai dengan materi dari gurunya namun dengan perlengkapan seadanya di rumah. Siswa asal Desa Krakitan, Bayat ini merasa kurang maksimal dengan belajar praktik di rumah.

Baca juga   Solusi Ternak Ayam di Tengah Kota ala Warga Terban

“Belajar praktik di sekolah langsung dapat bimbingan dari guru, kalau di rumah hanya bisa praktik sendiri, jadi kalau ada kesalahan tidak langsung bisa dikoreksi,” ungkapnya, Selasa (21/9/2021).

Tsamara menambahkan belum lagi tidak semua perlengkapan materi praktik dapat ditemukan di rumah saat belajar daring. Sementara, ia juga tidak dapat bertemu dengan siswa lainnya selama PPKM berlangsung.

Karenanya dengan diizinkannya Kabupaten Klaten menggelar pembejalaran tatap muka (PTM), ia merasa lega dan semangat belajar meski harus bergantian dengan siswa lain.

“Lega karena bisa belajar dengan guru di sekolah. Bisa lebih mudah memahami materi,” katanya.

Kepala SMKN 3 Klaten, Dionisius Pramuaji mengatakan pihaknya menggelar PTM terbatas dengan mengacu protokol kesehatan. Dalam pelaksanaanya, siswa yang masuk dibatasi 50 persen.

Baca juga   Emak-emak Harus Tahu! Mengolah Bahan Pangan Hewani Gunakan Konsep ASUH

“Sebelumnya sudah digelar simulasi PTM terbatas dan berjalan lancar. Senin (20/9/2021), siswa sudah mulai mengikuti PTM sesuai yang dijadwalkan oleh sekolah,” paparnya.

Sebelum PTM digelar, siswa SMKN 3 Klaten telah mendapatkan vaksin Covid-19 yang diberikan di sekolah maupun luar sekolah. Vaksinasi di sekolah digelar pada pekan sebelumnya dan diikuti 1.057 siswa.

“Total ada 1.250 siswa di SMKN 3 Klaten. Sebanyak 1.057 siswa mengikuti vaksinasi Covid-19 di sekolah dan sisanya sudah mengikuti vaksinasi di luar sekolah,” jelas Pramuaji. (*)

Share :

Baca Juga

Kapolres Magelang AKBP Ronald Purba memberikan bantuan sembako kepada pedagang kaki lima. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

PPKM Level 4, Patroli Skala Besar Digelar di Magelang
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021
Pemadam Kota Yogyakarta saat memadamkan api yang membakar tumpukan rumput kering di Altar, pagi tadi. (Foto:nyatanya.com/@damkarjogja113)

Peristiwa

Rumput Kering di Altar Kembali Terbakar
Penyekatan di perbatasan Magelang-DIY makin diperketat. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Penyekatan Perbatasan Magelang-DIY Diperketat, Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi
Ulang tahun di hari Kemerdekaan RI, Atlas mendapat berkah hadiah sepeda motor dari Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Ultah di Hari Kemerdekaan, Pasien Covid-19 Ini Dapat Motor dari Ganjar
Kandang ayam milik salah satu peternak ayam broiler atau ayam potong di Desa Pusporenggo tampak kosong, menurut pemilik peternakan Radityo Herlambang pengiriman bibit ayam sedikit terganggu adanya PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

PPKM Diperpanjang, Peternak Ayam Broiler Kesulitan Jual Hasil Panen
Ganjar Pranowo ngobrol dengan mahasiswa yang borong dagangan PKL di Tembalang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pergoki Mahasiswa yang Borong Dagangan PKL Tembalang
Program Jaksa Masuk Sekolah di Temanggung bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang, serta mengenal lembaga Kejaksaan dan tugasnya di kalangan pelajar. (Foto:MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Jaksa Masuk Sekolah di Temanggung, Agar Pelajar Melek Hukum