Home / Peristiwa

Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB

Wulandari Lega Bisa Belajar Praktik di Sekolah Lagi

Suasana praktik siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Suasana praktik siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak setahun lalu ikut membawa dampak pada proses belajar siswa. Di Kabupaten Klaten, sudah satu tahun ajaran, siswa hanya bisa belajar secara daring sesuai instruksi Kementerian Pendidikan.

Meski mendapatkan materi pembelajaran, namun sebagian siswa mengaku kesulitan. Khususnya dalam memahami materi praktik bagi siswa SMK. Seperti dialami Tsamara Wulandari, siswa kelas XI jurusan Tata Boga SMKN 3 Klaten.

Menurutnya selama belajar di rumah, ia belajar praktik sesuai dengan materi dari gurunya namun dengan perlengkapan seadanya di rumah. Siswa asal Desa Krakitan, Bayat ini merasa kurang maksimal dengan belajar praktik di rumah.

Baca juga   Jalan Bandongan Kaliangkrik Kini Lebar dan Mulus

“Belajar praktik di sekolah langsung dapat bimbingan dari guru, kalau di rumah hanya bisa praktik sendiri, jadi kalau ada kesalahan tidak langsung bisa dikoreksi,” ungkapnya, Selasa (21/9/2021).

Tsamara menambahkan belum lagi tidak semua perlengkapan materi praktik dapat ditemukan di rumah saat belajar daring. Sementara, ia juga tidak dapat bertemu dengan siswa lainnya selama PPKM berlangsung.

Karenanya dengan diizinkannya Kabupaten Klaten menggelar pembejalaran tatap muka (PTM), ia merasa lega dan semangat belajar meski harus bergantian dengan siswa lain.

“Lega karena bisa belajar dengan guru di sekolah. Bisa lebih mudah memahami materi,” katanya.

Kepala SMKN 3 Klaten, Dionisius Pramuaji mengatakan pihaknya menggelar PTM terbatas dengan mengacu protokol kesehatan. Dalam pelaksanaanya, siswa yang masuk dibatasi 50 persen.

Baca juga   Ganjar dan Airlangga Pimpin Tradisi Grebeg Apem Yaaqowiyyu

“Sebelumnya sudah digelar simulasi PTM terbatas dan berjalan lancar. Senin (20/9/2021), siswa sudah mulai mengikuti PTM sesuai yang dijadwalkan oleh sekolah,” paparnya.

Sebelum PTM digelar, siswa SMKN 3 Klaten telah mendapatkan vaksin Covid-19 yang diberikan di sekolah maupun luar sekolah. Vaksinasi di sekolah digelar pada pekan sebelumnya dan diikuti 1.057 siswa.

“Total ada 1.250 siswa di SMKN 3 Klaten. Sebanyak 1.057 siswa mengikuti vaksinasi Covid-19 di sekolah dan sisanya sudah mengikuti vaksinasi di luar sekolah,” jelas Pramuaji. (*)

Share :

Baca Juga

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Suryo Nugroho sangat mengapresiasi penegakan operasi knalpot brong di wilayah hukum Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dirlantas Polda Jateng Apresiasi Penegakan Bebas Knalpot Brong di Temanggung
Barang bukti paket ganja disita petugas. Foto: tribratanews

Peristiwa

Penarik Becak Ditangkap Polisi Saat Antar Paket Ganja Seberat 19 Kilogram di Madina
Hingga saat ini capaian vaksinasi anak di Kabupaten Temanggung sebanyak 19,79 persen atau 13.901 dari target 70 ribu anak. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun
Ilustrasi pasar tradisional. Selama Ramadan kebutuhan pokok pangan di DIY masih aman. (Foto: Dok/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ini Pasar di Yogya yang Tutup Selama PPKM Darurat
Vaksinasi booster di Kabupaten Karanganyar dimulai Kamis (20/1/2022). Bupati Karanganyar Juliyatmono menjadi yang pertama disuntik, di Vaksin Center PMI, disusul Wakil Bupati Rober Christanto, dan perwakilan Forkopimda. (Foto: MC Kab Karanganyar)

Peristiwa

Vaksinasi Booster Dimulai, Bupati Karanganyar Disuntik Pertama
Petugas dan warga bahu-membahu memadamkan api yang membakar 5 rumah di Dusun Gintung, Desa Tegalsari Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo pada Selasa (28/12/2021). (Foto: Doni Rohmanto/Disominfo Wonosobo)

Peristiwa

Kebakaran Hebat di Wonosobo Lalap 5 Rumah Warga, Kerugian Capai Rp300 JUta
Asisten I Sekda Kabupaten Jepara Dwi Riyanto pada safari kebangsaan, sekaligus meninjau vaksinasi di SMK Negeri 2 Jepara, Kamis (16/12/2021). (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Sadar Prokes dan Mau Divaksin, Wujud Cinta Tanah Air
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU

Peristiwa

Foto: Upacara Melasti di Surabaya