Home / Panggung

Senin, 5 Desember 2022 - 12:26 WIB

Ya Bagus! Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin Diluncurkan

Peluncuran Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin, Selasa (29/11/2022). Foto: Ist

Peluncuran Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin, Selasa (29/11/2022). Foto: Ist

NYATANYA.COM, Bantul – Pak Tino Sidin bagi generasi tahun 70 sampai 90 an tentu tidak asinglagi, pelukis sekaligus Guru Gambar Anak-anak dalam program Gemar Menggambar yang di tayangkan di TVRI.

Tayangan tersebut cukup lama mengudara selama 20 tahun di TVRI Jogja dari tahun 1969 sampai 1978. Kemudian hijrah ke TVRI Nasional Jakarta sampai tahun 1990an, dan ditayangkan di Televisi Pendididkan Indonesia (TPI) dengan program Mari Menggambar bersama host Dina Mariana selama kurang lebih 2 tahunan.

Pada waktu itu program acara Gemar Menggambar menjadi salah satu tayangan favorit anak-anak di zamannya karena media TVRI sebagai satu satunya televisi pada saat itu.

Karakter Pak Tino Sidin dalam film animasi yang digarap Kartiko Bagas alumni DKV ISI Yogya. Foto: Ist

Dapat dikatakan Pak Tino Sidin pada saat itu sudah mengenalkan program metode mengajar jarak jauh (kalau sekarang lebih dikenal metode pembelajaran sistem on line) dengan murid/ pemirsa TVRI dari Sabang sampai Merauke.

Menurut Mikke Susanto (termuat di buku biografi Tino Sidin Guru Gambar dan Pribadi Multi Dimensional, 2014), pak Tino Sidin tidak punya sekolah tapi muridnya jutaan.

Metode mengajarnya yang menyenangkan dan mudah diikuti serta selalu memotivasi anak dengan ucapan “Ya Bagus”, “Jangan takut-takut”, “Teruskan” mengajak pemirsa bahwa menggambar sebagai aktivitas yang menyenangkan untuk berkreasi dan pembentukan karakter, tidak harus menjadikannya kelak sebagai seorang pelukis.

Baca juga   Johnny Gustaaf Pameran Tunggal 'Warna' di Tembi Rumah Budaya

Adalah Museum Taman Tino Sidin, salah satu museum seni dan pendidikan yang beralamatkan di Jalan Tino Sidin No 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Titik Tino Sidin (kanan) berharap film animasi ini bermanfaat bagi masyarakat. Foto: Ist

Tujuan didirikan museum ini tiada lain untuk melestarikan karya, memorabilia dan warisan seni Pak Tino Sidin yang dikenal tidak hanya sebagai pelukis dan guru gambar anak anak di TV tapi juga pejuang Angkatan 45, aktif di Kepanduan/Pramuka, dunia film dan juga ahli kebatinan yang pernah dekat dengan Presiden Soekarno dan Suharto.

Selain itu tujuan pendirian museum adalah menyampaikan kembali siapa dan apa yang telah dikerjakan pak Tino Sidin kepada generasi sekarang.

Dari pengamatan pengunjung Museum Taman Tino Sidin sangat berkesan dengan program kegiatan menggambar video pak Tino Sidin di TVRI.

Dalam perjalanan Pak Tino Sidin mengisi Acara Gemar Menggambar selama 20 tahun di TVRI, sayangnya Museum Taman Tino Sidin hanya mendapatkan satu file rekaman video acara Gemar Menggambar Pak Tino dari arsip TVRI Jakarta, yang selalu diputar berulang-ulang ke pengunjung museum.

Sebagai media untuk mengenalkan sosok Pak Tino Sidin ke generasi sekarang dan untuk menambah koleksi video di museum, Museum Taman Tino Sidin bekerja sama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbudristek RI membuat Film Animasi Gemar Menggambar, dalam pembuatan film animasi ini Museum Taman Tino Sidin menggandeng Kartiko Bagas alumni DKV ISI Yogya .

Baca juga   Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Balai Kota Yogya, Refleksi Bersatu Bangkit dari Pandemi

Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin terdiri 4 episode dengan durasi masing masing 6 menit:

  • Episode 1 : Menggambar ikan
  • Episode 2 : Menggambar dengan huruf
  • Episode 3 : Menggambar tanaman
  • Episode 4 : Menggambar fantasi

Bertepatan dengan Hari Lahir Pak Tino Sidin ke-97 tahun (lahir di Tebing tinggi Sumatera Utara pada tanggal 25 November 1925) yang saat ini tanggal 25 November juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional, diluncurkanlah Film Animasi tersebut.

Film Animasi Gemar Menggambar Bersama Pak Tino Sidin sendiri difasilitasi penuh oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemedikbudristek RI.

“Semoga Film animasi ini bermanfaat kepada pengunjung museum serta para pemirsa Indonesiana TV para guru, orang tua, dan masyarakat untuk mengenal sosok pak Tino serta metode pengajarannya khususnya menggambar bagi anak anak,” tutur Titik Tino Sidin, selaku pengelola Museum Taman Tino Sidin belum lama ini.

Titik Tino Sidin yang juga putri almarhum Tino Sidin berharap kerjasama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek RI ini dapat berlanjut dengan sekuel film animasi selanjutannya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Hendro Plered dan tropi dan piagam penghargaan yang diperoleh RSJ 107.8 FM. (Foto:istimewa)

Panggung

Radio Swadesi Jogja Raih Penghargaan Anugerah Syiar Ramadan 2021
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat jumpa pers Jogja Cross Culture di Balai Kota Jumat (5/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Masih Pandemi, Jogja Cross Culture Digelar Daring 10 November 2021
Salah satu kegiatan positif yang diinisiasi basis penggemar Haico dan Azof (Haizof), yaitu doa bersama/istighosah yang biasa dilaksanakan secara online. Foto: Ist

Panggung

Mantap! Tak Cuma Hangout, Haizofers Juga Rutin Istighosah secara Online
Whani Darmawan siapkan pameran tunggal lukisan 'Anuning Ning' di Jiwa Gallery. (Foto: Ist)

Panggung

Whani Darmawan Pameran Tunggal Lukisan Bertajuk ‘Anuning Ning’ di Jiwa Gallery 14 April 2023
Via Vallen dan Chevra Yolandi. (Foto: Instagram @viavallen)

Panggung

Via Vallen Bagikan Momen Bahagia Bersama Doi di Hari Ultahnya
Kartun Mikhail Zlatkovsky dari Russia yang memenangi lomba "International Semarang Cartoon Festival 2021". (Foto: Gold Pencil)

Panggung

Di Festival HAM, Ganjar Puji Keterlibatan Penyandang Disabilitas dan Perempuan
Parade Gangsa yang digelar di Plaza Monumen Satu Maret, Senin (27/11/2023). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Parade Gangsa Sukses Digelar Hangatkan Malam di Kota Yogya, Jadi Hiburan Warga dan Wisatawan
Ndarboy. (Foto: Instagram @ndarboy_genk)

Panggung

Lepas Satu Persatu Video Musik Album Cidro Asmoro, Ndarboy Buktikan Totalitasnya