Home / Peristiwa

Selasa, 8 Februari 2022 - 22:47 WIB

Yang Punya Nama Sama Musti Bangga, Bayi Orang Utan Ini Diberi Nama Besti

(Foto: Biro Humas KLHK)

(Foto: Biro Humas KLHK)

NYATANYA.COM, Lamandau – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melalui Suaka Margasatwa (SM) Lamandau memberi nama Besti untuk bayi orang utan kalimantan (Pongo Pygmaeus), yang baru lahir di area pelepasan (soft release) Suaka Margasatwa (SM) Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Resort SM Lamandau, Sugih Trianto, menjelaskan Besti merupakan bayi orang utan ke-101 yang lahir di SM Lamandau dan pertama kali diketahuinya, dengan melihat secara langsung saat sang induk bernama Berline sedang makan di Camp Buluh.

“Pada saat groundcheck terlihat Berline membawa anaknya, namun jenis kelamin bayi orangutan belum bisa diketahui karena orang utan menjauh pada saat didekati oleh petugas. Petugas juga belum bisa mengikuti orang utan dikarenakan debit air yang sedang tinggi,” ujar Kepala Resor SM Lamandau dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik pada Selasa (8/2/2022).

Baca juga   IKN Dipastikan Bukan Daerah Sebaran Alami Orang Utan

Menurut Sugih, orang utan Kalimantan merupakan satwa dilindungi pemerintah Indonesia, sehingga keberadaannya harus terus dijaga, termasuk pengembangbiakannya.

Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Nur Patria, mengatakan lahirnya bayi orang utan menjadi tanda keberhasilan pengembangbiakkan atau breeding di wilayah konservasi SM Lamandau.

Untuk meningkatkan keberhasilan pengembangbiakkan satwa dilindungi tersebut, katanya, diperlukan peran aktif semua pihak, terutama masyarakat sekitar untuk menjaga habibat mereka.

Baca juga   Ribuan Pegawai Jasa Sektor Keuangan Antusias Divaksin

“Kami mengajak semua pihak baik pemerintah, swasta, LSM, maupun masyarakat untuk semakin peduli akan kelestarian satwa orang utan yang merupakan satwa dilindungi,” katanya.

Kelahiran bayi orang utan itu, menurutnya sangat membahagiakan karena spesies itu sudah langka dan terancam punah.

Oleh karena itu, Nur Patria telah menginstruksikan agar petugas SM Lamandau, yang dibantu relawan Orang utan Foundation – United Kingdom (OF-UK) untuk melakukan pemantauan kesehatan satwa tersebut di habitatnya.

“Petugas SML dan OF-UK akan terus memantau khususnya orang utan yang sedang mempunyai anak dan yang sedang hamil, agar kesehatannya selalu terjaga,” katanya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Desa Tasikrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (6/2/2022) malam. (Foto: BPBD Kabupaten Pemalang)

Peristiwa

319 Rumah Terdampak Banjir di Pemalang, Tim Gabungan Evakuasi Warga Terdampak
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Predikat Yogya Kota Layak Anak Utama Jadi Kado HAN 2021
Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Petani Holtikultura Teknik Budidaya Dan Pemasaran Buah Kelengkeng. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Komoditas Kelengkeng Akan Dikembangkan di Kawasan Borobudur
Tenda darurat mulai dipasang di RSUD Pandan Arang Boyolali. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, RSUD Boyolali Pasang Tenda Darurat
Foto: Humas Polda Jateng

Peristiwa

8 Kepala Desa di Demak Ditetapkan sebagai Tersangka Suap Seleksi Kadus dan Sekdes
Sudah saatnya BUMDes merambah ke dunia e-commerce untuk memasarkan produk-produknya. Saat ini ada sudah 1.852 Badan Usaha Milik Desa yang merambah ke e-commerce. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Ribuan BUMDes Kini Andalkan e-Commerce untuk Pasarkan Produk
Kondisi Gedung Bappelitbang Kota Bandung saat kebakaran pada Senin (7/11/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Foto: Humas Bandung

Peristiwa

Polisi Masih Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang Kota Bandung
Senyum sumringah nampak di wajah Asmiyati (43), warga Kampung Palupuy, Desa Sindangkarya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten yang menerima perangkat Set Top Box (STB). (Foto: Nafi Djanes/InfoPublik)

Peristiwa

Asmiyati Sumringah Menerima Perangkat STB Gratis, Siaran TV-nya Jernih