Home / Panggung

Selasa, 28 September 2021 - 16:58 WIB

Yossie Riyani Debut Single Langgam “Kenyo Yogya” Ciptaan Kodhe Mondoliko

Yossie Riyani. (Foto: Agoes Jumianto)

Yossie Riyani. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Bantul – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan Yossie Riyani berhenti berkreasi. Perempuan paruh baya kelahiran Cilacap yang kini mukim di Bantul ini membuktikan, bahwa pandemi bukan menjadi alasan berhenti berkreasi.

Yossie, demikian akrab disapa justeru makin produktif mengembangkan hobi dan bakatnya menyanyi. Tak puas hanya dengan mengcover lagu-lagu yang sudah dipopulerkan penyanyi lain, Yossie memberanikan diri merilis single sendiri.
Lagu berjudul “Kenyo Yogya” karya pencipta lagu Kodhe Mondoliko pun dipilih menjadi debutnya di dunia tarik suara.

“Jujur saya merasa deg-degan saat akan merilis single ini. Karena saya merasa begitu cepat prosesnya dan sebenarnya tak terencana sebelumnya,” ujar Yossie Riyani kepada wartawan saat launching single “Kenyo Yogya” belum lama ini.

Diakui Yossie, proses dikenalkannya dengan Kodhe Mondoliko adalah sebuah anugerah. Berjumpa untuk kali pertama langsung disodori lagu beraroma langgam berjudul “Kenyo Yogya”.

Hari berikutnya Yossie mempelajari lagu tersebut dan dihari ketiga dan keempat langsung proses rekaman suara dan pembuatan video klop. Beruntung ia banyak dibantu tim Saiki Management yang membuat proses penyelesaian single “Kenyo Yogya” bisa selesai dan dilaunching, Jumat (24/9/2021) dalam sebuah acara sederhana bersama wartawan.

Baca juga   Happy Asmara Curhat Lewat Lagu Baru 'Tak Warahi Carane'

Meski dari awal tak ada bayangan untuk terjun menjadi seorang penyanyi, namun bakat dan hobinya menyanyi membuatnya makin serius untuk terus menekuninya.

“Kebetulan saya aktif di komunitas Perempuan Bersanggul Nusantara (PBN), jadi saya rasa pas dengan keinginan saya melestarikan tembang langgam Jawa seperti “Kenyo Yogya” ini,” jelas istri Andreas Sitepu yang tinggal di Griya Kencana Permai Blok A2 Argorejo Sedayu Bantul.

Yossie Riyani bersama Kodhe Mondoliko (kiri) dan Arwan Dwi Jatmiko. (Foto: Agoes Jumianto)

Sementara Kodhe Mondoliko menerangkan, lagu “Kenyo Yogya” merupakan lagu yang sebenarnya lama ia ciptakan. Namun karena belum menemukan penyanyi yang cocok untuk membawakannya, lagu itu pun disimpan dan baru diberikan untuk Yossie Riyani.

“Selama ini memang sudah banyak yang ingin meminang lagu ini. Tapi kebanyakan penyanyi pria. Beruntung akhirnya ketemu dengan Yossie Riyani yang memiliki vokal pas dengan lagu “Kenyo Yogya”,” terang Kodhe Mondoliko.

Baca juga   Lagu 'Angel' yang Jadi Penanda Pertemanan Denny Caknan dan Cak Percil

Dijelaskan Kodhe, untuk aransemen lagu “Kenyo Yogya” digarap oleh musisi Arwan Dwi Jatmiko, dan sudah rilis di channel YouTube Yossie Riyani.

Meski belakangan tembang dangdut campursari lebih mendominasi danbanyak diminati masyarakat, namun baik Kodhe Mondoliko sebagai pencipta lagu dan Yossie Riyani sebagai penyanyi masih percaya diri dengan usungannya berlanggam ria.

“Karena walau bagaimanapun lagu langgam Jawa masih memiliki penggemarnya sendiri dan terlebih lagi keinginan besar Yossie Riyani dalam ikut melestarikan kesenian tradisional utamanya langgam Jawa,” beber Kodhe Mondoliko.

Yossie Riyani berharap single perdananya ini bisa diterima pasar, khususnya pecinta langgam Jawa. Pun begitu, dalam waktu dekat Yessie juga sedang menyiapkan dua single baru lagi milik Kodhe Mondoliko yang sedikit beraroma dangdut campursari.

“Tidak tertutup juga untuk mencoba dangdut campursari di lagu baru berikutnya yang sudah disiapkan Om Kodhe, tapi yang pasti saya tetap berkomitmen untuk tetap berkebaya,” pungkas ibu dua anak Elin dan Nana optimis. (Aja)

Share :

Baca Juga

(Foto: Kemendikbudristek)

Panggung

Pandemi, Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Kembali Digelar Daring
Via Vallen dalam single Ngalah. (Foto:Nyatanya.com/YouTube ascadamusik)

Panggung

Via Vallen Rilis Single Ngalah
Pergelaran Sendratari Nirmala “Ngruwat Ama Ngrawat Budaya” menandai ditutupnya seluruh rangkaian acara HUT ke-187 Kabupaten Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Panggung

Sendratari Nirmala “Ngruwat Ama Ngrawat Budaya” Menutup Rangkaian HUT ke-187 Kabupaten Temanggung
WaiWai World Fair sempat dihentikan selama masa pandemi. Namun, pada 2021 ini kembali digelar di depan sepanjang kantor wali kota Shizuoka. Di acara ini tim seni budaya Indonesia ikut ambil bagian. (Foto: Kemendikbudristek)

Panggung

Tampil di WWF 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka
Kartun Mikhail Zlatkovsky dari Russia yang memenangi lomba "International Semarang Cartoon Festival 2021". (Foto: Gold Pencil)

Panggung

Di Festival HAM, Ganjar Puji Keterlibatan Penyandang Disabilitas dan Perempuan
Kantor Badan Penghubung Daerah DIY menggelar Drama Menak dengan lakon Putri Kaelani di anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Gandeng Sanggar Surya Kirana, Kantor Badan Penghubung Daerah DIY Gelar Drama Menak di TMII
The Beatles. (Foto: teocarvalho.artstation.com)

Panggung

55 Tahun Revolver, Salah Satu Album Terbaik dan Berkelas The Beatles
Ini dia hasil kerja kreatif seniman mural Magelang dalam kolektif art bertema 'Ayo Rukun' yang digelar Minggu (22/5/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Kampanyekan Kerukunan Lewat Seni Mural, Begini yang Dilakukan Seniman Magelang