Home / Peristiwa

Sabtu, 26 Juni 2021 - 11:17 WIB

Zalfaa Azalia Pursita Terpilih Jadi Duta Bahasa Jateng

Zalfaa Azalia Pursita dan tropi kemenangannya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Zalfaa Azalia Pursita dan tropi kemenangannya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Boyolali – Zalfaa Azalia Pursita (21) terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah, setelah dirinya sukses merebut juara I Pemilihan Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 yang digelar Minggu (20/6/2021) di Hotel MG Setos Semarang.

Zalfaa yang masih berstatus mahasiswa semester 6 di Universitas Sebelas Maret ini berhasil mengalahkan 17 finalis dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Para finalis tersebut terjaring dari seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang dimulai sejak Februari lalu.

“Saya dapat info dari Instagram Duta Bahasa Jateng dan terus kabar terbaru yang dibagikan. Sebenarnya, saya sudah daftar pada tahun 2020 kemarin, tapi ternyata acara dibatalkan karena Covid-19. Tahun ini daftar lagi, ikut seleksi berkas, kemudian wawancara hingga dinyatakan menjadi finalis Duta Bahasa,” ungkap Zalfaa sebagaimana dirilis Diskominfo Kabupaten Boyolali, Jumat (24/6/2021).

Baca juga   Semangat! Pemkab Kudus Terima Bantuan APD

Diceritakan Zalfaa, pada awal pendaftaran seleksi administrasi ada 190 orang, kemudian diseleksi secara administratif menjadi 40 orang. Selanjutnya, para kandidat melakukan seleksi wawancara hingga akhirnya mengerucut pada 17 nama finalis. Kemudian 17 finalis harus melalui sejumlah tahapan, antara lain, pembekalan daring, Bimbingan Teknis Kebahasaan dan Kesastraan Berbasis Teknologi Informasi, serta tahap penilaian.

“Alhamdulillah, setelah melalui itu semua, pada saat final raya dinyatakan sebagai pemenang utama,” ungkap mahasiswi jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini.

Baca juga   Babinsa Koramil Tegalrejo Bagikan Obat dan Vitamin Gratis

Zalfaa mengaku mengikuti pemilihan tersebut karena suka membaca dan ingin menyebarkan semangat literasi ke anak muda. Menurutnya, anak muda sekarang harus membaca buku jika dibandingkan dengan hanya menggulir linimasa media sosial. Selain itu, dia juga ingin bertemu dengan teman yang bisa diajak kolaborasi untuk membuat kegiatan berbasis literasi agar bermanfaat dan bisa disebarkan secara luas.

“Semoga saya dapat menyebarkan semangat literasi ke teman-teman. Dengan tingkat literasi yang tinggi, otomatis sumber daya manusia kualitasnya akan meningkat. Kalau SDM bagus, bakal berpengaruh positif ke lingkungan maupun pembangunan berkelanjutan,” pungkas Zalfaa. (*)

Share :

Baca Juga

Kegiatan vaksinasi di kampung untuk menyisir warga di lingkungan paling bawah yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Mulai Blusukan Masuk Kampung
Pemerintah Kota Surakarta menerima bantuan tabung oksigen dengan total 200 tabung dari PT. Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Pemkot Surakarta kembali dapat bantuan oksigen dari PT Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Kembali Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Menkomarivest Luhut Binsar Pandjaitan targetkan vaksinasi di Sleman 15.000 Orang Perhari. (Foto: HUmas Pemda DIY)

Peristiwa

Menteri Luhut Targetkan Sleman Vaksin 15.000 Orang Perhari
Vaksinasi bagi pelaku UMKM yang digelar di JEC. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Vaksinasi Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi Digelar di JEC
Panen raya kedelai diselenggarakan di lahan seluas 25 hektare yang dikelola oleh Kelompok Tani Sri Kartika Tani. (Foto: Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Buka Peluang Pasar, Petani Banyumas Panen Raya Kedelai
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Terbaik Peringkat Utama 2021