Home / News

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:37 WIB

Kemendagri: Pemilu 2024 Perlu Anggota KPU dan Bawaslu yang Paham Covid-19

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. (Foto: kemendagri.go.id)

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. (Foto: kemendagri.go.id)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemilihan Umum 2024 memerlukan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu yang mampu dan memahami proses menangani Covid-19.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/10/2021).

“Calon anggota KPU Bawaslu bukan hanya memahami soal teknis kepemiluan, tapi juga yang mampu mengubah proses tahapan dan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 menjadi sarana instrumen untuk juga menangani Covid-19 dan menangani dampak dampaknya,” kata Bahtiar.

Menurutnya, pemerintah dan DPR pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 telah luar biasa mendorong agar pesta demokrasi daerah itu bisa berjalan dengan lancar dan aman di masa pandemi Covid-19.

Baca juga   230 Orang Ngeyel Tak Pakai Masker Terjaring Razia di Obwis Dieng

“Ke depan kita tentu membutuhkan penyelenggara pemilu yang kompatibel dengan kondisi negara dan masyarakat, hari ini adalah keselamatan warga negara dan masyarakat di atas segalanya,” kata Bahtiar.

Bentuk penyelenggara negara di bidang apapun menurut Bahtiar seperti di bidang ekonomi, politik, sosial budaya tentunya harus mampu menyesuaikan kemampuannya dan kerja-kerja mereka dengan kondisi negara sekarang ini.

“Termasuk penyelenggara pemilu dan pilkada, harus menyesuaikan dengan keadaan ini, supaya negara ini bertahan sebagai bangsa,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menyampaikan Keputusan Presiden soal pembentukan Tim Seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 kepada 11 nama yang telah dipilih.

Baca juga   Gantikan RS Darurat, RSUD Budi Rahayu Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Kemendagri menyampaikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 120/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum dan calon anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 sebagai bagian dari perwakilan pemerintah.

Kemudian, Ketua Timsel calon anggota KPU-Bawaslu RI periode 2022-2024 Juri Ardiantoro, menyampaikan pihaknya segera menyusun jadwal dan rencana kerja timsel yang akan dikerjakan hingga nanti terpilihnya calon anggota KPU dan Bawaslu RI. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Guguran awan panas yang terjadi pada Jumat (18/6/2021) pukul 23.52 WIB. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Hingga Semalam, Merapi 3 Kali Luncurkan Awan Panas
Super Blood Moon aman dilihat dengan mata telanjang. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Super Blood Moon 26 Mei, BMKG Imbau Warga Pesisir Yogya Waspada Air Pasang
Di Grobogan ditemukan apotek yang menjual obat jenis azithromycin dihydrate 500 miligram diatas HET. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

News

Parah! Apotik Ini Jual Azithromycin Dihydrate Rp100 Ribu Per Strip, Padahal HET Rp17 Ribu
Visual Gunung Merapi pukul 04.50 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Merapi Muntahkan 3 Kali Awan Panas Disertai Hujan Abu
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dan Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY Tri Saktiyana melakukan Rapat Koordinasi tentang perencanaan ‘Jogja Planning Gallery’ dengan OPD terkait. (Foto: Humas SIY)

News

Disayembarakan, ‘Jogja Planning Gallery’ Akan Dibangun di Malioboro
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Bantu Tangani Pasien Isoman, Pemda DIY Rekrut Nakes dari Fakultas Kedokteran
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/@Kemenag_RI)

News

Pemerintah Resmi Melarang Mudik di Hari Raya Idul Adha
Tak cuma penyekatan di ruas jalan utama, Pemkot Yogya juga minta akses kampung utamanya yang masuk zoma merah juga harus dibatasi. (Foto: agoes jumianto)

News

Pemkot Minta Akses Masuk Kampung Zona Merah Dibatasi