Home / Panggung

Rabu, 27 Oktober 2021 - 13:09 WIB

Peringati Sumpah Pemuda, Keraton Yogya Gelar Pentas Musikan Mandalasana

(Foto: Media Center Kraton Jogja)

(Foto: Media Center Kraton Jogja)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – KHP Kridhomardowo, divisi kesenian dan pertunjukan dari Keraton Yogyakarta akan kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021.

Pentas akan diselenggarakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, pukul 10.00 WIB bersamaan dengan Indonesia Raya Bergema.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, lagu-lagu yang akan hadir dalam Pentas Musikan Mandalasana pun bertemakan kebangsaan, perjuangan, dan kepemudaan seperti: Satu Nusa Satu Bangsa, Bhineka Tunggal Ika, Bangun Pemudi Pemuda, Garuda Pancasila, Tanah Airku, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

Tak lupa Gati Mardowo juga akan hadir sebagai lagu wajib untuk mengawali setiap pementasan di Bangsal Mandalasana.

“Berbeda dari Pentas Musikan Mandalasana sebelum-sebelumnya, kali ini kanca Abdi Dalem Musikan akan menghadirkan format pementasan string ensemble. Jadi kalau sebelumnya banyak instrument tiup, kali ini akan didominasi violin, viola, cello, dan contrabass. Namun tetap akan menghadirkan instrument perkusi juga,” ungkap KPH Notonegoro selaku penghageng KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Rabu (27/10/2021).

Baca juga   Pemkot Yogya Layani Vaksinasi ke Rumah Warga Disabilitas

Pentas Musikan Mandalasana akan dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB, ditandai dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya. RW Widyogunomardowo kali ini didaulat sebagai conductor untuk pementasan dalam rangka memperingati 93 tahun Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Seperti Pentas Musikan sebelumnya, iringan prajurit Keraton Yogyakarta akan menjadi pembuka prosesi dan menjemput para Abdi Dalem Musikan dari Bangsal Kasatriyan menuju Bangsal Mandalasana yang terletak di pelataran kedhaton Keraton Yogyakarta.

Baca juga   Digelar Meriah, Kenalkan Taman Budaya Embung Giwangan Lewat Atraksi Budaya

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, Keraton Yogyakarta mengajak masyarakat untuk mengapresiasi Pentas Musikan secara virtual melalui live streaming Youtube Kraton Jogja.

Adapun dalam pelaksanaan di lapangan, Pentas Musikan Mandalasana kali ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para Abdi Dalem yang bertugas. Jumlah pemain musik pun dibatasi agar tetap bisa menjaga jarak (physical distancing).

“Harapannya Pentas Musikan yang hadir dengan format string ensemble kali ini bisa menghadirkan semangat kebaruan dalam Pentas Musikan di Keraton Yogyakarta, yang semoga bisa menular ke segenap lapisan masyarakat yang menyaksikan, karena sejatinya semangat kebaruan ini lah yang mendasari semangat pembangunan para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia,” tutup KPH Notonegoro. (Aja)

Share :

Baca Juga

Pers conference JogjaROCKarta Festival yang digelar di Tebing Breksi, Jumat (4/3/2022) sore. (Foto: Dok. Rajawali Indonesia)

Panggung

JogjaROCKarta Hadir Kembali dengan Konsep Rock on Jeep, Digelar di Lanud Gading Wonosari
Jumpa pers FKY 2022 Merekah Ruah di pendapa Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (8/9/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Catat Lur, FKY 2022 ‘Merekah Ruah’ Digelar 12-25 September 2022
Workshop Citrus Studio, membuat keramik yang dapat menjadi aroma terapi atau difuser. Foto:Dok.MKF

Panggung

From Hands to Something, MKF 2022 Ciptakan Ruang Nyaman Kesenian
Jasmine Ayudhya debut single ‘Ayolah Menabung’. Foto: Ist

Panggung

Single ‘Ayolah Menabung’ Milik Penyanyi Cilik Jasmine Ayudhya, Dua Hari Tayang Ditonton Lebih dari 23.335 Kali
Fryda Lucyana. (Foto: Istimewa)

Panggung

Fryda Lucyana Rilis Single Religi “Rindu Ramadhan”
Happy Asmara. (Foto: Instagram @happy_asmara77

Panggung

Happy Asmara Artis Dangdut Berbahasa Daerah Terbaik AMI Awards 2021
Rachel Vennya. (Foto: Instagram @rachelvennya)

Panggung

Dapat Dana Karantina Tapi Kabur, Kasus Rachel Vennya Terus Berlanjut
Film anak dan keluarga berjudul "Sepeda Presiden" mewarnai layar bioskop di penghujung 2021. Film yang disutradarai Garin Nugroho dan Hestu Saputra ini tayang di bioskop mulai 23 Desember 2021. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Sepeda Presiden, Film Besutan Garin Nugrono yang Angkat Keindahan Papua